Libur Lebaran Konsumsi Listrik di Jakarta Menurun

Author : Franki Dibuat : Jun 21, 2018

Libur Lebaran Konsumsi Listrik di Jakarta Menurun
Listrik Indonesia | Pada musim lebaran 2018 konsumsi listrik di Jakarta mengalami penurunan hampir 50%, sedangkan untuk pasokan BBM dan LPG dijamin aman.

Musim libur lebaran di tahun 2018 yang cukup panjang dimanfaatkan oleh warga Jakarta untuk berlama-lama di kampung halamannya. Kondisi ini mempengaruhi tinkat konsumsi listrik di DKI Jakarta yang  menurun hampir 50%. Melalui keterangan resmi Kementerian ESDM, beban penggunaan listrik di wilayah Jakarta sebesar 5.000 megawatt (MW). Saat libur lebaran konsumsi listrik turun sekitar 2.500 MW atau 50% dibanding hari biasa.

General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya, M Ikhsan Asaad mengatakan adanya penurunan beban tersebut berpengaruh pada penurunan pendapatan yang ikut menurun hingga 30%. Penyebabnya, banyak sektor industri yang tutup dan dari kalangan rumah tangga yang turut mudik. PLN Dis Jaya tetap menyiagakan 1.616 personel selama 24 jam di 18 lokasi area kantor distribusi PLN di Jakarta.

“Hal itu sudah diprediksi, meski ada penurunan konsumsi listrik untuk pasokan listrik dijamin aman,” ungkapnya.

Selain itu, pemerintah juga menjamin pasokan untuk BBM dan LPG hingga usainya musim liburan, Kementerian ESDM melalui Tim Posko Nasional Sektor ESDM meninjau langsung titik-titik potensi lonjakan BBM maupun LPG di beberapa kota. Pertamina telah menyediakan 109 mobil tangki kantong, 32 mobil dispenser, 71 Kios Pertamax, 3 Kios AKR dan 200 motoris untuk menangani peningkatan kebutuhan BBM. stok tabung LPG 3 kg juga ditambah hingga 8% yang disebar di setiap wilayah. (GC)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top