LIKE PLN 2017: Berinovasi Terangi Negeri, Lahirkan 357 Karya Inovasi

Author : Franki Dibuat : Oct 18, 2017

LIKE PLN 2017: Berinovasi Terangi Negeri, Lahirkan 357 Karya Inovasi
Listrik Indonesia, Jakarta | Jelang Hari Listrik Nasional ke-72 pada 27 Oktober, PLN kembali menggelar LIKE (Learning, Innovation, Knowledge & Exhibition). Tahun ini PLN berhasil menjaring 357 karya inovasi pegawai PLN dan anak perusahaan dengan biaya penghematan (net cost saving) sebesar Rp 1.348.930.000.000,-.

Karya inovasi ini merupakan wujud kepedulian dan semangat pembelajar PLN dalam melakukan continuous improvement dan mencari terobosan dalam bekerja.

Kegiatan ini merupakan bukti bahwa PLN menaruh perhatian besar dan memberi tempat bagi lahirnya ide-ide dan inovasi-inovasi baru yang mendukung fokus strategis perusahaan. Gerak langkah PLN tahun ini adalah terus berupaya menurunkan Biaya Pokok Produksi (BPP) dan meningkatkan penjualan dengan terus waspada akan setiap tantangan yang mungkin mendisrupsi bisnis PLN.

“Pada era disruptif ini, PLN perlu meningkatkan efisiensi dalam segala aspek. Efisiensi dalam jumlah masif dapat diperoleh melalui inovasi," terang Direktur Perencanaan Korporat Syofvi Felienty di sela-sela pembukaan LIKE PLN 2017, Selasa (17/10).

LIKE PLN 2017 mengusung tema “Peningkatan Efisiensi Melalui Inovasi di Era Disruptive” ini resmi dibuka Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Jumain Appe, didampingi Dewan Komisaris PLN Darmono dan jajaran Direksi PLN. Jumain Appe menyampaikan apresiasi nya terhadap kegiatan ini.

"Daya saing Indonesia sekarang sudah meningkat ke peringkat 36 dunia, karena kita terus mendorong di berbagai bidang, terutama infrastruktur dan PLN memiliki andil besar di dalamnya. LIKE PLN menunjukkan pada kita bahwa Indonesia memiliki sumber daya manusia yang memadai untuk kemajuan teknologi, hal ini berdampak sangat besar bagi pembangunan Indonesia," ungkap Jumain Appe.

Lomba Karya Inovasi PLN sendiri sudah diselenggarakan sejak 1999. Hingga tahun ke 20 ini, PLN sudah menghasilkan 3.263 karya inovasi yang mencakup lima kategori, yaitu Pembangkitan, Transmisi dan Distribusi, Technical Support, Non-Technical Support Aplikasi dan Non-Technical Support Manajemen. Dari jumlah tersebut, hingga kini ada 518 karya yang dimanfaatkan PLN dan anak perusahaan. Salah satunya adalah Penerangan Sementara Otomatis (PESO) dari PLN Distribusi Jawa Tengah & DIY. PESO sudah diimplementasikan oleh seluruh Kantor Rayon di PLN Disjateng & DIY.

Untuk melindungi Hak Kekayaan Intelektual karya inovasi, saat ini tercatat ada 7 karya inovasi yang sudah memperoleh paten, 3 memperoleh hak cipta dan 25 karya inovasi yang sedang dalam proses sertifikasi paten. Karya inovasi yang sudah berupa prototype dan siap diproduksi massal berjumlah sekitar 59 unit.

Manfaat inovasi tentunya untuk menciptakan “nilai tambah” bagi peningkatan kinerja perusahaan seperti kenaikan efisiensi, penurunan heat rate pembangkit, percepatan waktu pemeliharaan dan atau pelayanan, dan meningkatkan faktor ketersediaan (availability factor). Dalam rangka meningkatkan efisiensi, inovasi diarahkan pada perbaikan fuel mix, pengurangan jam gangguan, penurunan losses jaringan, dan peningkatan produktivitas pegawai.

LIKE PLN merupakan transformasi dari KNIFE (Knowledge, Norm, Innovation, Festival and Exhibition) yang dilaksanakan sejak 2009. Acara tahunan yang berlangsung hingga19 Oktober 2017 ini meliputi Seleksi Penghargaan Karya Inovasi Pegawai, Knowledge Sharing, dan Innovator Talkshow. Selain itu juga ada PLN Expo yang menyajikan pameran produk-produk karya inovasi dan Festival Budaya. (DH)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top