Lupakan Subsidi Listrik Jika Terapkan Langkah Ini

Author : Franki Dibuat : Jan 14, 2017

Lupakan Subsidi Listrik Jika Terapkan Langkah Ini
Listrik Indonesia | Pada 1 Januari 2017, Pemerintah menetapkan harga listrik baru bagi pengguna listrik 900 Volt Ampere (VA), hal ini sehubungan dengan pencabutan subsidi listrik terhadap pelanggan 900 VA.
 
Sebelumnya  tarif listrik bagi golongan 900 VA dari posisi Rp 585 per KWh naik menjadi Rp 774 per KWh per Januari 2017. Kemudian selanjutnya, terif tersebut akan kembali meningkat menjadi Rp 1.023 per KWh pada Maret 2017, dan naik kembali menjadi Rp 1.352 per KWh pada Mei 2017.Atau mengalami kenaikan sekitar 131% pada Mei 2017 mendatang.
 
Tarif listrik golongan 900 VA tidak disubsidi lagi, tarif tersebut menyesuaikan perkembangan nilai tukar rupiah, harga minyak, dan tingkat inflasi. Jika rupiah melemah, inflasi dan harga minyak naik, maka tarif listrik kemungkinan besar akan ikut disesuaikan.
 
Kebijakan ini diterapkan tak lain untuk menghemat anggaran negara dan mengarahkan dana subsidi agar lebih sesuai sasaran. Nantinya, dana yang didapat dari penghematan subsidi listrik ini akan digunakan untuk membiaya kegiatan pembangunan lainnya. Seperti membangun infrastruktur.
 
Penghapusan subsidi bagi golongan 900 VA ini akan berimbas kepada 18 juta pelanggan dari 23 juta pelanggan golongan 900 VA. Meski dianggap mampu secara ekonomi, kebijakan ini bisa mempengaruhi keuangan keluarga golongan ini. Hanya sekitar 4,3 juta pelanggan PLN golongan 900 VA akan yang akan tetap menerima subsidi.
 
Adapun beberapa langkah dalam menghadapi kenaikan listrik tersebut, agar tagihan dirumah tidak membengkak dan menguras kantong Anda :
 
1. Lakukan Penghematan dari Hal Kecil
Matiakan semua lampu di rumah jika Anda berpergian dengan waktu yang cukup lama. Hal ini dapat menghemat pemakaian listrik dirumah dan memperpanjang usia lampu Anda.
Selain itu, cabut steker dari colokan jika tak digunakan. Selalu menghidupkan steker ini sudah jadi kebiasaan buruk banyak orang. Pastikan Anda mencabut steker peralatan listrik, termasuk charger ponsel yang sudah tidak digunakan. Cara ini bisa menghemat listrik cukup besar jika dilakukan secara terus menerus.
 
2. Gunakan lampu LED
Mengganti lampu biasa di rumah Anda dengan lampu Light Emitting Diode (LED) bisa menghemat tagihan listrik. Selain lebih hemat, lampu LED lebih terang, dan lebih tahan lama.
 
Lampu ini lebih hemat karena watt yang digunakan lebih rendah hingga 80 persen dari lampu biasa, namun cahaya yang dihasilkan lebih terang, setara dengan lampu biasa dengan watt yang besar.
 
3. Hemat Listrik di Malam Hari
Rubah kebiasaaan lama, Jika sebelumnya seluruh lampu di rumah Anda dihidupkan saat Anda dan keluarga terlelap tidur, cobalah matikan sebagian lampu di bagian rumah yang tidak diperlukan.
 
Biasakan hemat listrik di ruang tamu, kamar mandi, dan bagian lainnya, jika sebelumnya menyalakan lampu pada ruangan tersebut secara bersamaan, kini rubah kebiasan itu, dengan menggunakan satu lampu.
 
4. Hemat Gunakan Pendingin Ruangan/AC
Pada umumnya Air Conditioner (AC) mengkonsumsi listrik lebih banyak dari peralatan eektronik lainnya. Jika Anda sering menggunakan AC di kamar dan ruang tamu, gunakan AC dengan posisi di atas 25 derajat C.
 
Selain itu, gunakan penutup jendelan (gordyn/tirai) untuk mengurangi cahaya matahari masuk, agar mesin AC tidak bekerja terlalu keras untuk mendinginkan ruangan.
 
5. Hijrah ke Prabayar
Mengapa Anda perlu beralih ke sistem prabayar, sebab, sistem prabayar akan mempermudah dan mengontrol pemakaian listrik dirumah. Tak hanya itu, Anda tidak dikenakan biaya lain, apabila Anda menunggak.
 
Pada dasarnya biaya penggunaan meteran listrik abodemen membuat tagihan listrik anda menjadi besar, sebab Anda tidak dapat mengkontrol pemakaiannya. Namun, jika Anda berganti ke sistem pra bayar dengan sistem pulsa listrik, Anda dapat menghemat pengeluaran per bulannya.
Demikianlah berbagai cara agar Anda bisa menghemat pengeluaran untuk membayar tagihan listrik, dan uangnya bisa dipergunakan untuk keluarga. Semoga bermanfaat. (GF)



0 Komentar

Berikan komentar anda

Top