Manajemen Kabel dan Perangkat Elektronik dengan Brother PT-E300

Author : Franki Dibuat : Jan 7, 2017

Manajemen Kabel dan Perangkat Elektronik dengan Brother PT-E300
Listrik Indonesia | Kabel yang tidak tertata dan perangkat elektronik serta jaringan yang saling terhubung tanpa manajemen yang jelas berpotensi jadi sumber masalah di kantor atau area usaha Anda. Ketika salah satu kabel rusak, misalnya, sulit sekali menelusuri dan menemukan kabel yang tepat untuk diganti. Demikian juga ketika Anda ingin melakukan perbaikan jaringan atau melakukan perubahan pada sistem.
 
Manajemen kabel dan perangkat elektronik yang terhubung, jadi sangat penting ketika area kerja yang dimiliki juga luas. Di pabrik, dengan banyak perangkat elektronik yang terhubung ke satu jaringan, identifikasi kabel dan perangkat dapat memudahkan pemeliharaan dan perbaikan. Memberi label pada perangkat dan kabel yang digunakan adalah solusi tepat untuk menghindari masalah dikemudian hari.
 
Pelabel Brother PT-E300
Sebelum kita membahas beberapa langkah manajemen kabel dan perangkat elektronik yang baik, kita perlu melihat lebih dekat solusi pelabelan yang digunakan. Untuk contoh kali ini, Brother PT-E300 adalah produk yang dipilih. Ada beberapa alasan mengapa Brother PT-E300 adalah produk yang ideal untuk membantu manajemen kabel dan perangkat elektronik.
 
Pertama, Brother PT-E300 dapat menyimpan beberapa desain label yang dibuat di komputer. Anda dapat membuat beberapa jenis label yang umum digunakan untuk keperluan tertentu, kemudian menyimpannya di Brother PT-E300 untuk keperluan berikutnya. Ketika hendak mencetak label, Anda tidak perlu lagi terhubung dengan komputer. Perubahan detail serta modifikasi label yang dicetak semuanya dapat dilakukan di perangkat pelabel.
 
Brother PT-E300 juga dapat digunakan dengan software P-Touch Editor yang juga umum digunakan oleh perangkat pelabel lain dari Brother Indonesia. Tersedia keypad yang nyaman dipakai serta fitur auto-cutter untuk mempermudah pencetakan label.
 
Gunakan Kode Warna
Langkah pertama yang dapat diambil untuk memulai manajemen kabel dan perangkat elektronik adalah membuat daftar perangkat serta skema jaringan yang dimiliki. Daftar ini yang akan berfungsi sebagai panduan ketika mulai mencetak dan memberi label pada perangkat yang digunakan.
 
Untuk mempermudah penelusuran, memberi label dengan warna berbeda pada jenis perangkat berbeda juga merupakan solusi yang baik. Misalnya, Anda dapat menggunakan warna merah untuk jaringan pada departemen atau area kerja tertentu, kuning untuk jaringan yang terhubung dengan lini produksi, dan biru untuk jaringan yang terkait dengan sistem pengawasan dan keamanan.
 
Di sisi lain, Anda juga dapat menggunakan kode warna untuk menandai jenis perangkat atau kategori lain yang Anda gunakan. Karena Brother PT-E300 menggunakan cartridge jenis HGe dan TZe, Anda dapat memilih warna label yang beragam.
 
Konsistensi Pemberian Label
Selalu berikan label pada minimal dua ujung kabel dan perangkat yang terhubung. Gunakan kode angka atau nomor urut untuk memudahkan identifikasi. Memberi nomor urut pada label yang dicetak juga dapat dilakukan dengan sangat mudah, karena Brother PT-E300 memiliki fitur pemberian nomor urut terintegrasi. Jangan lupa catat nomor yang diberikan pada masing-masing perangkat atau kabel yang digunakan.
 
Anda juga dapat menambahkan informasi penting untuk memudahkan perawatan dan perbaikan. Ketika memberi label pada komputer, misalnya, Anda dapat menambahkan informasi seperti IP address, tahun pembelian, departemen tempat perangkat tersebut digunakan, dan lain-lain. Informasi-informasi ini tentunya sangat membantu identifikasi ketika terjadi masalah.
 
Efisiensi Jalur Kabel dan Perangkat
Penempatan kabel dan efisiensi jalur yang dilewati juga dapat membuat perawatan dan perbaikan jaringan serta perangkat yang terhubung jadi jauh lebih mudah. Permasalahan yang cukup sering muncul adalah kabel yang rusak karena faktor manusia, misalnya karena terinjak atau tersangkut. Hal semacam ini tentunya dapat dihindari dengan jalur kabel yang efisien dan terlindungi.
 
Demikian juga dengan hubungan perangkat dengan sumber tenaga atau soket listrik. Jangan biarkan satu soket listrik digunakan oleh banyak perangkat sekaligus. Panas berlebih dan beban yang harus ditangani konektor pada soket berisiko menyebabkan kebakaran dan bahaya lain. Tidak hanya itu, perangkat yang tidak dilindungi surge protector juga memiliki risiko rusak akibat daya listrik yang tidak stabil.
 
Manajemen kabel dan perangkat elektronik di area kerja dan kantor tidaklah sulit. Dengan bantuan Brother PT-E300, Anda dapat mulai mengelola kabel dan perangkat dengan lebih cermat berkat bantuan label dengan kode warna dan informasi yang lengkap. (Advertorial/GF)
 

Tags : Teknologi


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top