Memilih Scanner Multifungsi Dengan Fitur Mumpuni

Author : Franki Dibuat : Jan 17, 2017

Memilih Scanner Multifungsi Dengan Fitur Mumpuni
Listrik Indonesia | Memilih scanner atau mesin pemindai sama sulitnya dengan memilih printer yang cocok bagi kebutuhan Anda. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan agar Anda dapat menemukan scanner yang sesuai dengan kebutuhan. Untungnya, ada banyak pilihan produk yang dapat dipilih saat ini.
 
Sebelum Anda mulai membandingkan scanner yang ada di pasaran, ada beberapa faktor penting yang perlu dipahami. Berikut adalah beberapa fitur dan faktor lain yang perlu Anda cari ketika memilih scanner, baik untuk penggunaan di rumah atau keperluan bisnis Anda.
 
Mulai Dengan Ukuran & Resolusi
Cara terbaik untuk memulai pencarian Anda adalah dengan mempertimbangkan ukuran dokumen yang perlu Anda pindai. Apakah Anda memerlukan fungsi pindai A3? Atau scanner dengan ukuran dokumen A4/Legal sudah cukup?
 
Berikutnya, Anda perlu menilik jenis dokumen yang akan dipindai. Scanner untuk memindai foto dan dokumen dengan resolusi tinggi berbeda dari scanner yang didesain untuk dokumen cetak, arsip, lembar jawaban dan materi lain. Untuk dokumen dengan resolusi tinggi, kemampuan memindai dengan resolusi 600 x 600 dpi sangat direkomendasikan.
 
Pilih kategori produk scanner yang sesuai dengan kebutuhan pemindaian Anda. Seperti dikatakan sebelumnya, ada banyak produk yang dapat dipilih, sehingga tidak perlu khawatir tidak bisa menemukan scanner yang cocok.
 
Harga, Ukuran, dan Kecepatan
Harga selalu jadi faktor penting yang perlu dipertimbangkan ketika memilih scanner. Ketika Anda memiliki budget yang terbatas, misalnya, Anda dapat menilik beberapa produk printer multifungsi yang juga sudah dilengkap scanner terintegrasi. Di sisi lain, scanner untuk kebutuhan khusus biasanya dilengkapi dengan banyak fitur yang tidak ada di scanner pada printer multifungsi.
 
Ukuran scanner juga bervariasi. Scanner seperti Brother ADS-1100W didesain agar ringkas dan dapat dibawa dan digunakan di mana saja jika diperlukan. Khusus untuk seri ADS-1100W, Anda juga bisa menemukan banyak fitur yang berguna, mulai kemampuan memindai dokumen dengan dua muka hingga fitur pemindaian tanpa PC.
 
Terakhir, pertimbangkan juga kecepatan memindai produk scanner yang Anda bandingkan. Masih menggunakan Brother ADS-1100W sebagai contoh, scanner kecil ini dapat memindai hingga 16 halaman per menit, baik itu dokumen hitam-putih maupun berwarna. Kecepatan ini tidak jauh berbeda dibandingkan scanner kelas korporasi yang jauh lebih besar, sehingga ADS-1100W merupakan pilihan menarik.
 
Konektivitas dan Fitur Tambahan
Ada baiknya Anda memilih scanner dengan fitur konektivitas Wi-Fi dan USB sebagai standar. Dua jenis konektivitas ini lazim ditemukan pada seri scanner terbaik. USB memudahkan scanner terhubung dengan PC. Di sisi lain, keberadaan port USB juga memungkinkan Anda melakukan pemindaian tanpa PC, cukup dengan menggunakan USB Flash Drive sebagai media penyimpanan.
 
Wi-Fi juga merupakan fitur yang esensial. Di era di mana kabel semakin ditinggalkan, memiliki kemampuan menghubungkan scanner dengan smartphone, tablet atau PC tanpa kabel adalah sebuah nilai lebih. Anda tidak hanya bisa memindai dokumen penting dan langsung menyimpannya di ponsel, tapi juga memiliki kebebasan untuk meletakkan scanner di posisi mana pun tanpa kendala.
 
Kedua fitur ini juga tersedia pada Brother ADS-1100W, berikut sebuah layar sentuh untuk memudahkan proses pemindaian tanpa PC dan akses fitur lain yang ditawarkan. Tidak berhenti sampai di situ, ADS-1100W juga memiliki Automatic Document Feeder atau ADF. Dengan ADF, pemindaian dokumen multi-halaman  juga dapat dilakukan secara otomatis.
 
Fitur lain seperti OCR (Optical Character Recognition), dukungan terhadap pemindaian kartu nama, serta kemampuan bekerja dengan software manajemen pengolahan dokumen adalah nilai lebih yang wajib dimiliki scanner terbaik saat ini. Pilih scanner yang memiliki fitur-fitur yang Anda butuhkan dan dapatkan scanner multifungsi terbaik dengan harga yang sesuai. (Adv/GF)

Tags : Teknologi


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top