Mengenal Lebih Dekat Energi Terbarukan

Author : Franki Dibuat : Feb 9, 2018

Mengenal Lebih Dekat Energi Terbarukan
Listrik Indonesia | Para ahli menyatakan bahwa energi terbarukan berasal dari alam dan mempunyai proses yang berkelanjutan, isu lingkungan dan keberlangsungan kehidupan di dunia menjadi dasar energi terbarukan mulai digalakkan.

Penggunaan energi fosil sebagai pemicu global warming dan mempunyai dampak bagi lingkungan dan kehidupan di bumi. Oleh karenannya, seluruh negara di dunia saat ini menggaungkan kembali penggunaan energi terbarukan, terlebih di Indonesia energi terbarukan mengisi 23% dari penggunaan energi. Berikut penjelasan dari berbagai macam energi terbarukan.

Bioenergi adalah bahan baku dari limbah yang dapat dijadikan sumber energi, bioenergi terbagi tiga jenis yakni biofuel, biomassa dan biogas. Bioenergi dapat menggantikan energy primer dari fosil.

Biofuel merupakan sumber energi organik yang berbentuk cair, dijadikan bahan bakar primer pada pembangkit listrik dan mesin. Biofuel juga mempunyai berbagai jenis seperti biosolar/biodiesel sebagai pengganti bahan bakar solar, bioetanol yang berperan sebagai pengganti bensin, biobutanol yang juga berperan sebagai bensin dengan angka oktan 96 menyerupai premium, dan biooil yang berperan sebagai pengganti minyak tanah.

Biomassa sumber energi berbahan dasar organik berbentuk padat, akan tetapi jika diolah juga dapat dijadikan bentuk cair. Dengan begitu, biomassa banyak menyimpan manfaat yang dihasilkan.

Biogas berasal dari sumber organic berbentuk gas biasanya diaplikasikan pada peralatan rumah tangga misalnya kompor.

Energi Alam merupakan energi terbarukan yang telah diciptakan oleh pemilik semesta, memanfaatkan tenaga dari angin, air, matahari dan panas bumi. Bedanya dengan bioenergi, energi alam dapat dikomersialkan untuk kebutuhan energi pada masyarakat umum. Energi alam sebagai energi yang benar-benar bersih karena tidak menghasilkan polusi apapun, kini sudah banyak pembangkit istrik yang memanfaatkan energi alam. (GC)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top