Menjaga Keandalan Listrik Batam

Author : Franki Dibuat : Sep 14, 2018

Menjaga Keandalan Listrik Batam
Listrik Indonesia | PT Energi Listrik Batam (ELB) turut berkontribusi dengan PLN Wilayah Batam dalam menjaga keandalan listrik di Batam, saat ini rasio elektrifikasi di wilayah tersebut telah mencapai 97%.

Hartono Indriyanto, President Director ELB menerangkan, saat ini ELB sedang fokus mengembangkan Combine Cycle Power Plant (CCPP) untuk meningkatkan kapasitas pembangkit listriknya, dalam meningkatkan kapasitas pembangkit ELB masih mendalami studi dan evaluasi penggunaan teknologi turbophase yang diyakini mampu meningkatkan fleksibilitas, daya, dan efisiensi. ELB di tahun 2018 telah menyiapkan investasi sebesar US$ 1 juta, meliputi perbaikan fasilitas, sarana dan lingkungan kerja pembangkit, juga untuk pengembangan CCPP.

Menjadi Independent Power Producer (IPP) sejak 2012 yang beroperasi di wilayah Batam, kemudian menandatangani perjanjian pembelian listrik dengan PT PLN Batam. ELB harus mengembangkan, membangun, membiayai dan mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Gas dengan kapasitas kontrak sebesar 2x35 MW yang berlokasi di Tanjung Uncang.

“Di tahun 2018 ada banyak target, karena itu 99% keandalan pembangkit ditingkatkan, perusahaan juga ingin mencapai ketersedian pembangkit sebesar 95%,”jelasnya.

Kontribusi ELB di sektor kelistrikan Batam, sejak awal dibangunnya PLTG Tanjung Uncang, power plant didesain secara baik dan memperhatikan faktor keramahan lingkungan. Menjalankan pola operasi start/stop yang disarankan oleh PLN Batam sejak pertama beroperasi, alhasil mesin turbin gas dapat bekerja secara optimal, dan juga menerapkan predictive maintenance dan Computerized Maintenance Management Systems (CMMS).

“Menjaga keandalan listrik tak hanya berbicara peralatan dan sumber energi saja, tapi SDM sangat mempengaruhi. Saat ini, 100% operator dan teknisi ELB telah memenuhi standar kompetensi di berbagai tingkatan,” pungkas Hartono. (GC/fr)


 

Tags : News
Terakhir disunting : Sep 14, 2018


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top