Menteri Jonan: APBI Harus Melakukan Inovasi Bisnis

Author : Yusuf Dibuat : Nov 22, 2018

Menteri Jonan: APBI Harus Melakukan Inovasi Bisnis
Listrik Indonesia | Jakarta Menteri ESDM Ignasius Jonan mengungkapkan, Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) harus melakukan inovasi bisnisnya apabila mau tetap bertahan. 

Dia mencontohkan, bagaimana perusahaan besar sekelas GE bisa tergerus hanya dalam waktu 5 tahun oleh Google. Pada 2007, tambah Jonan, dalam catatan Worlds Larges Companies by Market Capitalizen Exxon Mobil, yang tadinya berada di peringkat 147 tergeser oleh Apple sepuluh tahun kemudian.

“Ini sebuah indikasi dan peringatan bagi perusahaan di Indonesia agar terus melakukan inovasi bisnis agar tetap bisa bertahan. APBI juga demikian, cobalah membangun PLTU Mulut Tambang dengan memanfaatkan batu bara rendah kalori. Jangan hanya berpangku tangan, karena saya tahu semua pekerjaan di tambang dikerjakan oleh pihak ketiga,” tegas Jonan saat menjadi keynote speech di acara 29 tahun APBI – ICMA di Hotel JW Marriot, Jakarta (21/11).

Lebih jauh Jonan menjelaskan, ia sempat mendengar harapan dari sambutan Ketua Umum APBI, Pandu M. Syahrir, bahwa APBI telah banyak memberikan kontribusi untuk perekonomian nasional, dan akan terus berupaya agar bisa bertahan hingga 100 tahun ke depan.

“Saya kurang yakin apa yang disampaikan akan menjadi kenyataan apabila APBI tidak mereposisi bisnisnya dan tidak melakukan inovasi. Cobalah melakukan hal yang baru dari bisnis batu bara. Saya berharap APBI tetap harus memasok batu bara untuk kebutuhan listrik pembengkit PLN sesuai dengan harga yang telah disepakati. Bersabar sampai Desember 2019 pemerintah akan meninjau ulang harga batu bara acuan tersebut,” pungkas Menteri ESDM Ignasius Jonan. (DH/fr)
 

Tags : News
Terakhir disunting : Nov 22, 2018


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top