Obligasi Global PLN Raup Dana Rp2,1 T

Author : listrikinfo@gmail.com Dibuat : Nov 6, 2019

Obligasi Global PLN Raup Dana Rp2,1 T
Listrik Indonesia | Di tengah kondisi pasar yang dianggap kondusif, PLN berhasil meraih kepercayaan investor pasar modal Internasional. Global Bond atau Obligasi Global  PLN berhasil meraup dana USD1,5 miliar atau setara dengan Rp21 triliun. Global Bond tersebut bermata uang euro dengan tenor 12 tahun.

PLN disebut sebagai BUMN Indonesia pertama yang mampu mengakses pasar  Eropa. Hal tersebut membuktikan kalau dunia internasional semakin percaya dengan keuangan Indonesia. Juga menjadi bukti bahwa PLN senantiasa dikelola dengan baik dan yakin dengan kesinambungan pertumbuhan bisnis PLN di masa mendatang.

Menurut Direktur Keuangan PLN, Sarwono Sudarto, tenor yang berjangka panjang dan berbeda dalam waktu jatuh tempo merupakan salah satu strategi perusahaan dalam menata likuiditas dan maturity profile serta supaya matching dengan tipikal investasi sektor listrik yang berjangka panjang.
 
Global Bond tersebut ditentukan harganya pada 30 Oktober 2019 dalam 3 tranche yaitu US$ 500 juta dengan tenor 10 tahun 3 bulan berkupon 3,375%, kemudian US$ 500 juta dengan tenor 30 tahun 3 bulan berkupon 4,375%dan 500 juta Euro dengan tenor 12 tahun berkupon 1,875%.

Sarwono mengatakan, dana tersebut diharapkan dapat mendorong  percepatan pembangunan kawasan terdepan, terluar, dan tertinggal (3T). Juga untuk meringankan beban likuiditas PLN dalam menjalankan investasi. 

Sementara, Vice President Public Relation PLN Dwi Suryo Abdullah mengatakan dana yang didapat tersebut diharapkan akan mendukung pencapaian target peningkatan rasio elektrifikasi  100 persen  pada 2020. (AB)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top