Mengobati Kepenatan Kesibukan Dengan Memancing

Mengobati Kepenatan Kesibukan Dengan Memancing

Siapa tak kenal memancing? Dulu hobi ini banyak dimiliki mereka, terutama yang sudah berumur. Kesan yang tertangkap, memacing hanya dilakukan kaum pemalas yang menghabiskan waktu berjam-jam menunggu ikan menghampiri umpan.
Padahal tidak semuanya benar. Konon, hobi memancing memiliki filosofi hidup yang dalam. Antara lain melatih kesabaran dan konsentrasi.

Dikatakan melatih kesabaran karena orang yang hobi memancing ikan akan menunggu ikan datang menyantap kail yang telah diberi umpan. Melatih konsentrasi karena harus selalu fokus saat pertama kali melempar kailnya hingga kail itu disambar ikan.

Bedanya, kalau pemancing tradisional zaman dulu cukup bermodalkan joran bambu, kenur, dan mata kail. Hobi ini juga dianggap relatif murah sehingga membuat banyak orang tertarik untuk menikmatinya. Di waktu – waktu liburan, banyak para pemancing dadakan yang mencoba peruntungannya dalam mencari ikan.

Memancing, dulu juga dimaknai untuk mencari penghidupan. Ikan dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari, jika ada sisa mereka menjualnya sebagai tambahan untuk biaya hidup. Seoarang pemancing pada saat itu bukan melakukannya atas dasar hobi tetapi kebutuhan dan mata pencaharian.

Namun kini, semuanya bergeser sudah. Dari sisi peralatan saja, pemancing modern sudah menggunakan peralatan yang jauh lebih canggih. Mereka melakukan karena hobi atau mengisi waktu luang.

Keadaan seperti ini mungkin tidak pernah dibayangkan generasi pemancing sebelumnya. Padahal saat ini, hobi mancing bukan hanya sekedar hobi dan gaya hidup tetapi bisa menjadi sebuah bisnis yang sangat menguntungkan.

Salah satu indikatornya adalah kolam-kolam pemancingan yang semakin hari semakin banyak baik di pusat-pusat kota dan pinggiran kota. Biasanya akan ramai pada setiap Sabtu dan Minggu dikunjungi oleh pecandu mancing.

Selain itu, yang mengherankan toko-toko peralatan untuk memancing sudah semakin banyak. Mereka mulai pedagang kaki lima hingga toko-toko yang tersebar di mal-mal kota besar. Ini tentu saja membuktikan komunitas para pemancing sudah mencakup berbagai kalangan.

Namun bila dicermati, alat pancing zaman sekarang memang tergolong canggih. Untuk penggulung tidak lagi menggunakan gulungan kayu berbentuk seperti yoyo, tetapi sudah menggunakan reel yang dibeli di toko-toko khusus peralatan pancing.

Harganya? Jangan ditanya. Bentuk dan harganya sangat bervariasi, dari yang puluhan ribu rupiah hingga puluhan juta rupiah. Para pemancing modern, sudah semakin membedakan bagaimana harus mancing di air tawar dan mancing di laut. Itupun masih terbagi dalam berbagai kategori.

Di laut misalnya, terdapat berbagai variasi pemakaian. contohnya reel yang dipakai dipinggir dengan yang dipakai di laut dalam sudah sangat berbeda. Atau untuk mancing dasar dan yang dipergunakan untuk memancing sambil melajukan perahu.

Bagaimana dengan joran? Kalau dulu hanya seutas benang nillon yang kuat, saat ini joran mempunyai variasi harga, pemakaian dan bahan yang digunakan. Sebut saja fiberglass, grafit, fibercarbon hingga boron.

Komunitas Hobi Mancing
Komunitas hobi mancing juga makin banyak tersebar di seluruh Indonesia. Terlebih lagi mereka yang berada di kota-kota besar. Bagi penggila mancing, uang tentu saja bukan masalah. Sekali mancing, uang puluhan juta bisa saja mereka tebar.

Komunitas itu bahkan ada yang sifatnya hanya online. Tengok saja kegiatan yang dilakukan oleh IFT Fishing Forum. Komunitas online ini memulai jaringannya dengan para pemancing di seluruh Indonesia, para profesional, kapten kapal, dan nelayan.

Organisasi tersebut bertujuan membantu dan mengakomodir aspirasi para pemancing. Pada 1 September 2003 organisasi komunitas pemancing itu terbentuk. Awal pendiriannya, beranggotakan 500 orang pemancing yang berasal dari seluruh penjuru negeri yang tergabung dalam program IFT member.

IFT kini sudah mampu menyediakan informasi yang berhubungan dengan mancing, peralatan mancing, lokasi mancing, toko pancing, trip mincing, dan kompetisi mancing.

Komunitas-komunitas lokal juga sudah banyak terbentuk. Salah satunya adalah Komunitas Memancing "70", yang merupakan komunitas memancing anak –anak Yogyakarta. Komunitas yang mulai berdiri pada awal tahun 2006 tentu saja mengisi segala aktivitasnya dengan memancing.

Komunitas memancing ini menjadikan pertemuan mereka sebagai ajang bertukar pikiran tentang memancingm belajar bersama pengetahuan tentang dunia memancing mulai dari teknik-teknik memancing hingga ilmu sanitasi air.

Sifat-sifat ikan turut pula dipelajari untuk mendukung kemahiran mereka. Kegiatan mereka tidak hanya memancing di daerah air tawar tapi juga memancing di laut.

Ingin Ikan Apa?
Ikan apa yang ingin dipancing juga menentukan bagaimana cara memancing dan umpan yang dipilih. Misalnya jika ingin memancing ikan bandeng ada beberapa hal yang harus diperhatikan.
Ikan bandeng biasanya mencari makan di atas permukaan air sehingga cara setting jarak antara pelampung dan mata kailnya adalah antara 5 cm sampai 10 cm. Umpan yang digunakan umumnya memakai pellet yang juga mudah didapat di toko pancing.

Nah, lain lagi jika ingin memancing ikan kakap merah. Ikan ini mempunyai kebiasaan selalu berkelompok menempati karang, tandes atau rumpon. Ikan kakap merah (red snapper) hampir bisa ditemui semua lokasi di Indonesia bahkan di dunia.
Sebagai ikan penguasa karang, ikan kakap dilengkapi dengan gigi untuk mengkoyak mangsanya.
Karakternya dalam menyergap mangsanya, ikan kakap biasanya bersembunyi di balik karang atau rumpon dan mengambil lokasi tepat di muka arus.

Ikan-ikan lain juga mempunyai karakter yang khas. Namun bagi para pehobi mancing apalagi mereka yang sudah profesional, dengan mudah dapat dibedakan. Selain masalah karakter ikan, fasilitas untuk memancingpun kian bagus.

Di Jakarta misalnya, kapal-kapal khusus mancing juga semakin banyak jumlahnya. Sebut saja di Marina Ancol yang dipenuhi deretan kapal mancing.

Kapal-kapal ini tidak hanya dilengkapi dengan reel dan joran, tetapi juga depth sounder atau alat pendeteksi keberadaan ikan dan Global Positioning System (GPS) untuk menentukan koordinat sasaran lokasi mancing. Sehingga bagi golongan pemancing kelas atas ini hampir tidak sulit untuk memancing di lokasi yang sangat tepat.

Hobi mancing ikan memang bisa dinikmati siapa saja. jangan khawatir. Jika Anda punya uang pas-pasan cukup datang ke suangai atau danau terdekat.
Namun bila kantong Anda cukup tebal, tidak ada salahnya ikan memancing dengan kapal sewaan dan alat pancing modern. Dijamin, ikan didapat dan pikiran jadi lebih segar.

TIPS MEMANCING DI LAUT

Memancing di laut tentu berbeda dengan memancing di sungai atau kali yang kecil. Laut lebih luas dan bisa diabayangkan ikannya lebih banyak jumlahnya. Untuk memancing di laut masih harus dibedakan apakah memancing di tepi laut atau di tengah laut.

Untuk memancing di tepi laut, umpan yang digunakan berbeda dengan memancing di air tawar. Umpan yang digunakan bisa menggunakan cumi yang dipotong kecil-kecil, udang, atau ikan kecil. Setting alat pancingnya tidak berbeda dengan memancing ikan di sungai.

Umpan dengan udang atau ikan kecil biasanya digunakan apabila di tepi laut airnya keruh. Tapi bila airnya bening, umpan yang digunakan bisa menggunakan cumi yang telah dipotong-potong karena ikan yang berada di tengah laut bisa saja mencapai tepi laut.

Sedangkan bagi Anda yang ingin memancing di tengah laut, persiapan harus lebih baik. Alat pancing dan umpan yang biasanya menggunakan cumi utuh. Setting alat pancing menggunakan ada dua cara dan biasanya digunakan untuk memancing ikan pada kedalaman lebih kecil dari 100 meter.

Seting umpan gantung, yaitu posisi umpan berada antara permukaan air laut dan dasar laut dengan menggunakan lebih dari dua mata kail. Ini untuk memancing ikan jenis barakuda, bawal atau tongkol.
Sedangkan setting umpan diatas permukaan, posisi umpan ada dua atau tiga meter di bawah pelampung. Setting umpan seperti ini adalah untuk memancing ikan seperti ikan layur dan cakalang.

Untuk memancing ditengah laut terdapat pula sejenis umpan buatan yang terbuat dari plastik mengkilap. Umpan seperti ini bisa diperoleh di toko pancing, bentuk dan warnanya bisa menarik perhatian ikan yang melintas di sekitar mata kail.

Tips yang tidak kalah penting untuk memancing ditengah laut adalah hindari memancing pada waktu terang bulan. Pasalnya, pada waktu terang bulan permukaan laut terang sehingga memungkinkan ikan mencari mangsa lewat bantuan sinar bulan.

Selain yang tak kalah penting adalah perihal keamanan. Perhatikan masalah keamanan dan keselamatan. Hindari memancing pada waktu musim angin barat atau musim penghujan.

Author :

Tags : Kolom, Lifestyle

0 Komentar

Berikan komentar anda

Top