Optimalkan Pemanfaatan CNG 

Author : Franki Dibuat : May 3, 2017

Optimalkan Pemanfaatan CNG 
Robbi R. Sukardi, Ketua Umum APCNGI (Foto: R Akmal)
Berdiri sejak 2011 lalu, Asosiasi Perusahaan Compressed Natural Gas Indonesia (APCNGI) hadir dengan segudang kegiatan. Terutama dalam mensosialisasi CNG sebagai bahan bakar alternatif.

Bagi APCNGI, memasyarakatkan peng­gunaan bahan bakar gas alam jenis Compressed Natural Gas (CNG) atau populer disebut BBG laksana denyut nadi. Betapa tidak hampir 90% sektor transportasi menggunakan BBM, padahal BBG menawarkan seabrek keunggulan, baik kualitas maupun kuantitas dibanding BBM. 

Karena itu salah satu misi yang diemban APCNGI adalah mensosialisasikan BBG sebagai bahan bakar pilihan alternatif di tengah masya­rakat seiring kebijakan pemerintah di sektor energi. 

Ketua Umum APCNGI Robbi R. Sukardi dalam perbincangan dengan Listrik Indo­nesia, pertengahan Maret lalu menuturkan sepak terjang organisasi yang dirintisnya sejak 2009 bersama enam perusahaan.

Robbi menjelaskan bahwa APCNGI dibentuk sebagai wadah perusahaan CNG di Indonesia guna mendukung langkah pemerintah sekaligus menjembatani kepentingan APCGNI dalam mewujudkan BBG sebagai sumber energi pilihan yang aman, efisien dan ramah lingkungan. 

“Misi kami jelas, yakni menjadikan gas alam sebagai sumber energi pilihan,” ujar Robbi. Karena itu sudah selayaknya pula misi ini menjadi bagian dari masyarakat Indonesia dalam memaksimalkan cadang­an gas alam yang melimpah.

Managing Director PT Raja Rafa Samudera ini menuturkan, meskipun Indonesia dikaruniai kekayaan alam gas metana yang melimpah, namun sayangnya infrastruktur yang dapat menunjang pemanfaatan bagi kebutuhan dalam negeri dirasakan belum memadai dan tersebar merata, “Realitas ini adalah tantangan bagi kita semua untuk menuntaskannya,” ujarnya.

Padahal Indonesia merupakan salah satu negara penghasil gas alam metana papan atas di dunia dengan menempati posisi ke-14, “Bahkan di kawasan Asia di posisi ke-2 setelah China,” terang Robbi. Indonesia diprediksi memiliki cadangan gas alam terbukti mencapai 103,3 triliun kaki kubik atau setara dengan 2,9 tri­liun liter BBM. (AD/F) 



0 Komentar

Berikan komentar anda

Top