Optimisme Songsong 2017

Author : Franki Dibuat : Jan 1, 2017

Optimisme Songsong 2017
Listrik Indonesia | Hari ini seluruh dunia bersuka cita menyelenggarakan momen pergantian tahun, menyongsong Tahun Baru 2017. Seluruh lapisan masyarakat turut merayakan dengan berbagai cara dan kegiatan. Hal yang paling menonjol, yakni memasang kembang api dan petasan.

Berbagai macam kembang api menghiasi di langit-langit seluruh penjuru kota. Keindahan letusan kembang api menyita perhatian seluruh masyarakat.

Sekadar informasi, kembang api atau petasan bermula dari negeri China. Sekitar abad ke-9, seorang juru masak secara tak sengaja mencampur tiga bahan bubuk hitam (black powder) yakni garam peter atau kalium nitrat, belerang (sulfur), dan arang dari kayu (charcoal) yang berasal dari dapurnya. Ternyata campuran ketiga bahan itu mudah terbakar.

Jika ketiga bahan tersebut dimasukan ke dalam sepotong bambu yang ada sumbunya, lalu dibakar maka akan meletus dan mengeluarkan suara ledakan keras yang dipercaya mengusir roh jahat.

Dalam perkembangannya, petasan jenis ini dipercaya dipakai juga dalam perayaan pernikahan, kemenangan perang, peristiwa gerhana bulan, dan upacara-upacara keagamaan.

Baru pada saat Dinasti Song (960-1279 M) didirikan pabrik petasan yang kemudian menjadi dasar dari pembuatan kembang api karena lebih menitik-beratkan pada warna-warni dan bentuk pijar-pijar api di angkasa hingga akhirnya dibedakan. Tradisi kembang api ini lalu menyebar ke seluruh penjuru dunia. Selamat Tahun Baru 2017. (GF)

Tags : Opini Kolom


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top