Pasokan Batu Bara Berlimpah, Harga Bisa Turun

Author : Franki Dibuat : Oct 16, 2018

Pasokan Batu Bara Berlimpah, Harga Bisa Turun
Listrik Indonesia | Melimpahnya pasokan batubara dapat mengakibatkan harganya menurun, tren penurunan di prediksi hingga akhir 2018.

Hendra Sinadia, Direktur Eksekutif Asosiasi Pengusaha Batu Bara Indonesia (APBI) menjelaskan, kendati tidak dapat diprediski secara pasti, namun harga batu bara dipengaruhi oleh pasokannya. Saat ini, pasokan batu bara cukup berlimpah, jika diperhatikan pergerakan indeks batu bara kalori rendah dan menengah sudah over supply. Kemudian, hal ini yang menyebabkan tekanan terhadap harga.

“Mungkin saja harga batu bara akan menembus dibawah US$ 100 per ton hingga akhir 2018. Terlebih, China sebagai konsumen terbesar batubara membatasi impor,” jelasnya.

Pemerintah mendorong peningkatan produksi, bersamaan dengan momentum harga batubara yang tinggi untuk meningkatkan ekspor. Harga Batubara Acuan (HBA) Oktober 2018 sebesar US$100,89 per ton, turun pada periode September sebesar US$104,81 per ton. Harga komoditas batu bara yang tinggi dalam beberapa waktu terakhir mendongkrak penerimaan negara. (GC)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top