Pasokan Listrik Pulau Jawa Cukup, Pembangunan PLTG Mundur

Author : Franki Dibuat : Oct 12, 2017

Pasokan Listrik Pulau Jawa Cukup, Pembangunan PLTG Mundur
Listrik Indonesia | PT PLN (Persero) menyatakan pembangunan sistem ketenagalistrikan 35.000 Megawatt (MW) mundur dari rencana. Pasalnya, pemerintah merencanakan proyek 35.000 MW ini akan selesai pada 2019 mendatang, akan tetapi upaya PLN untuk merealisasikan program ini banyak mengalami hambatan.

Selain itu juga, pertumbuhan ekonomi tidak sejalan dengan pertumbuhan sistem kelistrikan. Untuk itu, PLN menunda beberapa pembangunan proyek kelistrikan, salah satunya yakni pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) berkapasitas 5.000 MW yang berlokasi di Pulau Jawa.

Menurut Direktur Pengadaan Strategis I PT PLN, Nicke Widyawati, pembangunan PLTG yang tertunda merupakan bagian dalam program 35.000 MW, dengan kapasitas total mencapai 5.000 MW.‎

Ia mengatakan, pembangkit yang ditunda pembangunannya merupakan pembangkit peaker (dioperasikan hanya saat beban puncak saja untuk menjaga kehandalan sistem).

“PLTG tersebut kebanyakan berada di Jawa, karena sudah cukup pasokan listriknya. Contoh PLTG di Jawa kita mundurkan, proses pembangunannya karena pasokan di Jawa juga sudah cukup,” terang Nicke di Jakarta, (12/10)

Menurutnya, pembangunan PLTG relatif cepat, hanya memakan waktu sekitar dua tahun.

Jika kebutuhan listrik meningkat, lanjut Nicke, PLN bisa dengan cepat menyesuaikan pasokan listrik dengan melanjutkan pembangunan PLTG. (RG)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top