Pembangkit Listrik Tenaga CPO Sukses Uji Coba di Babel

Author : listrikinfo@gmail.com Dibuat : Dec 13, 2019

Pembangkit Listrik Tenaga CPO Sukses Uji Coba di Babel
Listrik Indonesia | Baru-baru ini PLN UIW Bangka Belitung sukses uji coba crude palm oil ( CPO) sebagai sumber bahan bakar utama pembangkit listrik.

General Manager PLN UIW Bangka Belitung Abdul Mukhlis menjelaskan, pembangkit listrik diesel dimodifikasi agar bisa menggunaan bahan bakar dari CPO. Pada tahap awal uji coba yang dilakasanakan pertengahan Agustus lalu, berhasil dinyalakan pembangkit selama 16 jam dengan 12 ton CPO.

Daya yang dihasilkan pun bisa langsung masuk sistem distribusi. Dengan daya tersebut bisa menyuplai kebutuhan 2.300 rumah warga.

Pada tahap persiapan uji coba itu, PLN memodifikasi engine seperti storage tank, sistem filtrasi dan sebagainya. Selain itu juga ditambahkan alat pemanas/heater untuk menjaga temperatur CPO sebelum masuk ke dalam engine berkisar antara 60-80 derajat sehingga dispositas bisa dijaga diangka 10-12 csv sehingga mampu terbakar di ruang bakar mesin tersebut.

Adapun CPO yang digunakan adalah minyak kelapa sawit yang diperoleh dari hasil ekstrasi buah kelapa sawit tanpa melalui proses pemurnian. "Jadi pembangkit yang ada di Babel ini mulai green. Dan yang paling penting sumbernya ada di sini tidak perlu ambil dari luar lagi," ucapnya. 

Untuk memastikan CPO aman bagi lingkungan, PLN juga bekerja sama dengan dinas lingkungan hidup (DLH) untuk mengukur emisi yang dihasilkan. (CR)

 

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top