Pemeliharaan Jalur Transmisi PLN dengan Drone

Author : Franki Dibuat : Apr 13, 2019

Pemeliharaan Jalur Transmisi PLN dengan Drone
Listrik Indonesia | Untuk menunjang sistem kelistrikan di seluruh Indonesia, banyak hal yang harus dilakukan oleh PT PLN (Persero). Selain pembangkitannya, tak kalah rumit juga terkait transmisi dan distribusinya. Dalam era teknologi seperti saat ini, banyak perangkat yang diciptakan untuk menunjang kegiatan tersebut, salah satunya untuk pemeliharaan transmisi kelistrikan, yaitu drone.

Untuk itu, PT PLN (Persero) Unit Induk Transmisi (UIT) Jawa Bagian Timur dan Bali (JBTB) bersama Terra Drone Indonesia, akhir Maret lalu berhasil mendemonstrasikan kegiatan monitoring jalur transmisi listrik menggunakan drone bersama Central Research Institute of Electric Power Industry, yang berpusat di Chiyoda-ku, Tokyo, Jepang.

Ujicoba dengan hanya waktu 10 menit, drone dapat melakukan monitoring jalur listrik sepanjang 2 km untuk mencakup 3-4 SUTT.

Hasil yang didapat berupa point cloud atau model 3D yang nantinya dapat dianalisis lebih jauh untuk mengetahui jarak antara kabel listrik, bagian kabel yang mulai terlihat kendur hingga manajemen vegetasi di sekitarnya yang berpotensi mengganggu.

Teknologi drone yang digunakan ialah Terra Wing, yang merupakan drone fixed wing. Selain itu, Terra Drone Indonesia menjadi Drone Service Provider (DSP) pertama di Asia Tenggara yang berkesempatan menggunakan teknologi ini. PLN sendiri tertarik menggunakan drone karena terbukti dapat mengurangi risiko manusia khususnya di area bertegangan tinggi, ekonomis, serta hasil gambar yang berkualitas tinggi. (Fr/C)

Melalui kesempatan tersebut, tim kami berusaha untuk membuktikan bahwa teknologi drone dapat dengan aman melakukan pemetaan dan monitoring di wilayah dengan risiko tinggi seperti di sektor energi dan utilitas. Kedepannya, Terra Drone Indonesia akan terus memperkenalkan teknologi drone sebagai solusi yang dapat di gunakan dengan aman untuk digunakan di sektor tersebut. (GC)

Tags : News
Terakhir disunting : Apr 13, 2019


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top