Pemeliharaan Transmisi dan Distribusi Secara Efisien dan Aman

Author : listrikinfo@gmail.com Dibuat : Oct 4, 2019

Pemeliharaan Transmisi dan Distribusi  Secara Efisien dan Aman
Listrik Indonesia | Untuk melakukan proses pemeliharaan transmisi dan distribusi listrik, saat ini sudah ada teknologi yang mudah, aman, dan akurat. Apalagi, pekerjaan ini kerap berada di medan yang sulit dan berbahaya. 

Solusi ini dihadirkan oleh Terra Drone Corporation, yang memanfaatkan teknologi artificial intelligence (AI) dan dikembangkan setelah digunakan untuk inspeksi lebih dari 90.000 km saluran listrik. Data yang diperoleh secara otomatis diproses dan dianalisa oleh algoritma artificial intelligence yang terlatih untuk mendeteksi crossover di bagian bawah jalur transmisi, bangunan dan mesin konstruksi.

Sistem tersebut juga mengidentifikasi karat pada baut, bagian-bagian menara yang longgar dan hilang, sarang burung, gangguan vegetasi dan menghasilkan laporan yang cermat serta menyoroti area khusus yang membutuhkan tindakan. 

Sistem deteksi kesalahan (anomali teridentifikasi) akurat hingga 92,5%. Algoritma ini dikembangkan melalui proses mengidentifikasi anomali kedalam kumpulan data hingga 1500 gambar, memungkinkan untuk dibuatnya solusi akhir khusus yang akan dibuat untuk klien dimana semua anomali terkait dapat teridentifikasi dan terlaporkan. 

Perusahaan transmisi dan distribusi listrik harus melakukan inspeksi secara berkala terhadap infrastruktur saluran listrik untuk memastikan distribusi daya listrik yang andal. Hal ini dapat menggantikan metode konvensional dengan mengerahkan staf darat atau menerbangkan helikopter untuk pekerjaan inspeksi yang berbiaya mahal. 

Solusi ini dibangun dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi, menyederhanakan dan mempersingkat pekerjaan, dan justru meningkatkan akurasi untuk pemeliharaan fasilitas transmisi dan distribusi. (AM/Fr)

Tags : Teknologi


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top