Pemerintah Akan Tambah Kapasitas Daya PLTP Baturraden 

Author : Franki Dibuat : Apr 18, 2017

Pemerintah Akan Tambah Kapasitas Daya PLTP Baturraden 
Ilustrasi suasana PLTP di malam hari. (Foto: Antara News)
Listrik Indonesia - Banyumas | Pemerintah berencana akan menambah kapasitas Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah. Pasalnya, PLTP Baturraden merupakan proyek percepatan pembangunan pembangkit listrik 10.000 Megawatt (MW) Tahap II.

Menurut, Direktur Panas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Yunus Saefulhak, pemerintah merencanakan PLTP Baturraden akan dikembangkan dengan kapasitas sebesar 220 MW dan ditargetkan dapat beroperasi pada 2023 dan 2024 mendatang.

"Saat ini proyek PLTP tersebut dalam tahap kegiatan eksplorasi. Pada saat dilakukan kunjungan ke lapangan, saat ini sedang dilakukan pekerjaan infrastruktur yaitu pembuatan akses jalan sepanjang 2700 meter ke lokasi pemboran (Wellpad F), area utilitas dan konstruksi Wellpad F," katanya dikutip dari situs resmi esdm.go.id, Selasa (18/04).

Selain itu, lanjutnya, saat ini juga tengah dilakukan pengelolaan sumber mata air di sekitar lokasi proyek, sebab sumber mata air ini bermuara ke Sungai Prukut yang digunakan oleh masyarakat di Kecamatan Cilongok untuk memenuhi kebutuhan air bersih, pertanian, perikanan dan industri tahu.

Sekadar informasi, Kementerian ESDM melalui Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE) melakukan kunjungan kerja ke kabupaten Banyumas pada Kamis (13/04/2017) lalu. Kunjungan terus dimaksudkan untuk melakukan koordinasi dengan Bupati Banyumas beserta jajarannya, perwakilan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, instansi terkait dan PT Sejahtera Alam Energy (PT SAE), terkait dengan pengembangan proyek PLTP Baturraden yang diusahakan oleh PT SAE.  "Di mana salah satu tujuan koordinasi ini adalah kepastian dimulainya kembali aktivitas kegiatan usaha panas bumi di proyek PLTP Baturraden setelah tiga bulan terhenti akibat pengelolaan disposal yang memengaruhi Sungai Prukut," tandasnya. (GF)
 

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top