Pemerintah Dorong PLTSa Segera Beroperasi

Author : Franki Dibuat : Jul 19, 2019

Pemerintah Dorong PLTSa Segera Beroperasi
Listrik Indonesia | Pemerintah terus mendorong agar 12 Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di daerah, yang dijadikan percontohan agar segera beroperasi. Dua dari 12 daerah tersebut, yakni Surabaya dan Bekasi, diyakini akan menjadi pelopornya.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM, Agung Pribadi menyatakan, sesuai yang direncanakan, ke-12 pembangkit tersebut akan mampu menghasilkan listrik hingga 234 Megawatt (MW) yang berasal dari 16 ribu ton sampah per hari.

Dia menyatakan,  Surabaya bakal menjadi kota pertama yang mengoperasikan pembangkit listik dengan kapasitas 10 MW dengan volume sampah sekitar 1.500 ton per hari. Nilai investasinya mencapai US$ 49,86 juta.

Sebelumnya, Walikota Surabaya, Tri Rismaharini bahkan memerkirakan, PLTSa di Kota Surabaya diyakini bisa beroperasi pada Oktober 2019 ini.

Lokasi PLTSa kedua ada di Bekasi dengan kapasitas 9 MW dan investasinya mencapai US$ 120 juta. Berikutnya PLTSa di Surakarta berkapasitas 10 MW; serta DKI Jakarta sebesar 38 MW.

Pemerintah memang terus mendorong bahkan meminta percepatan pembangunan PLTSa. Permasalahan tersebut bahkan sempat disampaikan Presiden Joko Widodo yang meminta agar PLTSa tersebut segera direalisasikan.

Pemerintah bahkan sudah membuat payung hukumnya yakni Peraturan Presiden Nomor 35 Tahun 2018 tentang Percepatan program Pembangunan PLTSa. (AB)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top