Pemerintah Gencarkan Efisiensi Energi

Author : Franki Dibuat : Nov 10, 2017

Pemerintah Gencarkan Efisiensi Energi
Listrik Indonesia | Program “Gerakan Potong 10 Persen” adalah langkah pemerintah untuk mengajak pelaku industri, perusahaan dan masyarakat untuk dapat menghemat energi.

Salah satu perusahaan yang ikut berpartisipasi dalam Gerakan Potong 10 Persen adalah PT Astra International, Tbk. Ida Nuryatin Finahari selaku Direktur Konservasi Ditjen EBTKE Kementerian ESDM mengatakan, Astra menerapkan efisiensi, konservasi energi, serta mempromosikan teknologi bersih. Dari gerakan ini, Astra mampu melakukan penghematan energi sebesar 1.549 terajoule atau setara penghematan biaya sekitar Rp408 miliar.

Ditjen EBTKE Kementerian ESDM juga telah meluncurkan buku panduan pelatihan pembiayaan proyek efisiensi energi. Penyusunan materi buku tersebut merupakan kerjasama dengan United Nations Industrial Development Organization (UNIDO) dan melibatkan para pemangku kepentingan antara lain Otoritas Jasa Keuangan (OJK), perwakilan bank, perwakilan industri, dan tenaga ahli antara lain Ery Wijaya dan Fabby Tumiwa.

“Di sektor industri, buku tersebut diharapkan dapat memberikan pemahaman, bahwa investasi di bidang efisiensi energi akan memberikan keuntungan yang luar biasa yakni penghematan biaya yang cukup besar. Selain itu tujuannya gerakan potong 10 persen, agar masyarakat semakin peduli akan pentingnya hemat energi,”pungkas Ida. (GC)

Tags : News
Terakhir disunting : Nov 10, 2017


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top