Pemerintah Inginkan Subsidi Gas 3 Kg Lewat Kartu Sejahtera

Author : Franki Dibuat : Apr 10, 2017

Pemerintah Inginkan Subsidi Gas 3 Kg Lewat Kartu Sejahtera
Listrik Indonesia | Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menginginkan pemberian gas elpiji 3 kilogram (kg) melalui program Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Hal tersebut dilakukan agar pemberian elpiji bersubsidi tepat sasaran.

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan, pihaknya susah mengusulkan hal ini ke Presiden. "Kita sudah usulkan ke Presiden, kalau bisa segera mungkin uangnya itu dimasukkan ke Kartu Keluarga Sejahtera," ungkap Jonan melalui keterangan tertulisnya akhir pekan lalu di Jakarta, (10/04).

Menurut Jonan, yang berhak mendapat subsidi yaitu masyarakat yang hanya memiliki Kartu Indonesia Sejahtera (KIS). Pasalnya, Pemerintah saat ini mengalokasikan pemberian subsidi elpiji 3 Kg sebesar Rp 7500 per tabung. "Pemberian subsidi elpiji 3 kg merupakan upaya pemerintah dalam melakukan pemerataan atas akses energi kepada masyarakat miskin dan rentan miskin di seluruh Indonesia," tambahnya.

Menurut Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, IGN Wiratmaja Puja, Pemerintah menargetkan penyaluran elpiji 3 kg bersubsidi menjangkau nusantara pada 2018. Pada April 2017, pihaknya mulai menyiapkan infrastruktur pendukung. Infrastruktur tersebut di antaranya mesin Electronic Data Capture (EDC), dan kartu bagi yang berhak. 

Wirat mengatakan, proyek tersebut menggunakan dana sekitar Rp 30 miliar, yakni dengan menugaskan ke PT Pertamina (Persero) selaku operator dalam proses sosialisasinya.

Saat ini besaran subsidi energi dalam dua tahun terakhir mengalaim penurunan sekitar 66% atau sekitar Rp 491 triliun, dibanding dua tahun sebelumnya. 

Secara spesifik, elpiji bersubsidi di dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2017 dipatok sebesar 7,09 juta ton, sementara, total subsidi energi pada tahun ini berdasarkan APBN 2017 sebesar Rp77 triliun. (RG)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top