Pemerintah Jamin Tidak Ada Kenaikan Tarif Listrik Hingga Akhir Tahun

Author : Franki Dibuat : Jun 16, 2017

Pemerintah Jamin Tidak Ada Kenaikan Tarif Listrik Hingga Akhir Tahun
Menteri ESDM Ignasius Jonan
Listrik Indonesia | Pemerintah berkomitmen tidak akan ada kenaikan tarif dasar listrik hingga akhir tahun 2017. Menteri ESDM Ignasius Jonan mengungkapkan, pihaknya akan berusaha setiap tiga bulan mayoritas golongan tarifnya bisa turun.
 
“Turunnya itu kita usahakan semaksimal mungkin,” ujar Jonan di sela kunjungan ke Pusat Pengaturan Beban Jawa-Bali (P2B JB), Gandul, Depok, Jawa Barat (16/06).
 
Ia mengatakan, dalam dua tahun belakangan ini efisiensi PLN terus meningkat, semestinya hal ini berdampak pada penurunan tarif dasar listrik. “Efisiensi PLN semakin baik, tentunya tarif jualnya makin lama juga makin turun,” paparnya.
 
Terkait subsidi listrik tepat sasaran, pada kesempatan yang sama, dirinya menjelaskan bahwa pelanggan Rumah Tangga 900 Volt Ampere (VA) yang tidak termasuk dalam kelompok kategori miskin dan rentan miskin perlahan dihapus subsidinya.
 
“Kalau dianggap tidak miskin, tidak rentan miskin, dan tidak memerlukan subsidi yang memang subsidinya dikurangi pelan-pelan, sampai terakhir bulan Mei 2017 lalu. Sekarang sudah tidak ada pengurangan subsidi lagi, sudah normal,” katanya.
 
Saat ini, sekitar 4,5 juta pelanggan Rumah Tangga 900 VA masih menerima subsidi dari pemerintah, begitu pula dengan pelanggan Rumah Tangga 450 VA. Dengan total keseluruhan 23,5 juta pelanggan, kelompok ini tetap disubsidi oleh pemerintah dan tidak akan diubah. “Kemarin saya sudah usul ke Komisi VII DPR supaya subsidinya tetap dipertahankan,” sambung Jonan.
 
Lebih jauh Menteri ESDM mengatakan, alasan dicabutnya subsidi bagi pelanggan Rumah Tangga Mampu 900 VA yaitu sebab pelanggan tersebut termasuk dalam kategori pelanggan mampu.
 
“Kalau yang tidak termasuk kelompok miskin atau rentan miskin, sebaiknya uang subsidinya digunakan untuk pembangunan listrik di seluruh Indonesia,” ujar Jonan.
 
Saat ini ada sekitar 2.500 desa di Indonesia yang belum berlistrik sama sekali, sekitar 10.000 desa lainnya belum memiliki akses listrik yang mencukupi. “Ini harus dikembangkan, akan kita penuhi secepat-cepatnya. Mungkin sampai 2019 ini akan diupayakan untuk itu,” tutupnya.  (RG)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top