Pengolahan Energi Sampah Akan Diujicobakan di Bandung

Author : Franki Dibuat : Dec 6, 2018

Pengolahan Energi Sampah Akan Diujicobakan di Bandung
Listrik Indonesia - Bandung | STT PLN didukung PT Hariff DTE melaksanakan seminar dan pelatihan Peuyemisasi dan Gasifikasi Sebagai Solusi Nyata Pengelolaan dan Pemanfaatan Sampah Menjadi Energi di Kota Bandung Berbasis Masyarakat dan UKM.

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari di Kantor PT Hariff DTE, Bandung. Selain Ketua STT PLN, Supriadi Legino dan Dirut PT Hariff, hadir pula Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana.

Dalam sambutannya, Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana, mengaku sangat mendukung dan siap mengimplementasikan inovasi Peuyeumisasi dan Gasifikasi Listrik Kerakyatan berbasis energi sampah tersebut. Pihaknya bahkan akan meminjam alat yang diproduksi PT Hariff DTE tersebut untuk diujicoba di lokasi pengolahan sampah Kota Bandung.

"Peuyeumisasi ini kan istilah dari Bandung, jadi sangat tepat kalau teknologi ini dilakukan di Bandung. Kami akan menyiapkan lahannya, untuk melakukan ujicoba. Selasa ini, (12/12/2018)," tandas Yana.

Menurut Yana inovasi yang digagas STT PLN ini menjadi solusi yang tepat bagi Kota Bandung untuk mendukung program zero waste di Kota Kembang tersebut. Di lokasi Tempat Pembuangan Sampah Akhir di Bandung, setiap harinya ditampung sekitar 1500 ton sampah.

Dengan adanya inovasi peuyeumisasi tersebut, persoalan sampah di Kota Bandung diharapkan bisa selesai. lebih jauh lagi nantinya akan menjadi energi listrik melalui bricket hasil olahan sampah.

Bricket tersebut akan menjadi bahan bakar baik untuk energi listrik maupun bahan bakar kompor untuk memasak.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut, perwakilan Kodam III Siliwangi, Asep Rahman Taufik. Asep mengatakan, inovasi Peuyeumisasi tersebut sejalan dan mendukung program Citarum Harum yang digagas pemerintah untuk membuat Sungai Citarum menjadi bersih kembali. (AB)

Tags : News
Terakhir disunting : Dec 7, 2018


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top