Peran Smart Grid di Sektor Kelistrikan

Author : Fr Dibuat : Jan 7, 2018

Peran Smart Grid di Sektor Kelistrikan
Listrik Indonesia | Smartgrid ialah suatu jaringan listrik yang menggunakan sistem teknologi digital, untuk memantau dan mengelola transportasi listrik dari sumber pembangkitan listrik.

Dalam memberikan atau menghasilkan suplai listrik secara efisien, berkesinambungan, ekonomis dan aman. Smartgrid menggunakan produk inovatif dan bersama-sama melayani dengan monitoring, kontrol, komunikasi dan self healing technologies. Suatu smartgrid secara cerdas dapat mengintegrasikan kegiatan semua pengguna pembangkit listrik.

Sistem smartgrid merupakan salah satu solusi untuk meringankan  masalah yang dihadapi oleh jaringan listrik saat ini. Kelebihannya adalah mengurangi jumlah daya pembangkit yang diperlukan karena utilitas listrik, juga mengetahui jumlah jaringan listrik yang dibutuhkan pada waktu tertentu. Kelebihan lainnya, Untuk mengurangi beban puncak dengan mendorong konsumen untuk menggunakan lebih sedikit energi.

Smart grid juga diterapkan pada sistem kelistrikan di kota-kota besar seperti Jakarta, yang memiliki beban yang paling bervariasi, mulai dari rumah tangga, sektor komersial, dan sektor industri. Pengembangan smart grid untuk perkotaan merupakan salah satu kegiatan dalam program desain kontrol operasi tenaga listrik untuk mengontrol Power Quality.

Smartgrid mempunyai peranan penting di sektor kelistrikan seperti dapat memfasilitasi hubungan dan operasi dari semua generator, memberikan informasi dan pilihan untuk suplai listrik kepada pelanggan. Secara signifikan mengurangi dampak lingkungan dari sistem suplai listrik seluruhnya, serta keandalan dan keamanan suplai listrik meningkat. (GC)

Terakhir disunting : Jan 10, 2018


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top