Peraturan Menteri Tentang Batu Bara untuk Listrik Segera Terbit

Author : Franki Dibuat : Mar 8, 2018

Peraturan Menteri Tentang Batu Bara untuk Listrik Segera Terbit
Andy N Sommeng, Dirjen Ketenagalistrikan KESDM
Listrik Indonesia | Beberapa pekan lalu, kenaikkan harga batu bara menjadi perhatian semua pihak yang berkepentingan, salah satunya yakni PT PLN (Persero) yang meminta agar Pemerintah dapat membuatkan (menerbitkan) aturan khusus terkait harga batu bara yang melambung tinggi.

Pasalnya, lebih dari 60% batu bara menjadi bahan bakar utama pembangkit listrik yang digunakan di Indonesia, khususnya Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Untuk itu sejumlah cara dilakukan pemerintah, agar tidak terkena imbas dari dampak kenaikan harga batu bara yang mencapai US$105 per metrik ton.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Andy Noorsaman Sommeng mengatakan, pemerintah melalui Kementerian ESDM sudah membuat Peraturan Menteri (Permen) ESDM dan memberikannya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), agar Permen tersebut ditandatangani.

“Permen tersebut tentang harga batu bara untuk listrik,. PP sudah ditandatangani (oleh Presiden Jokowi). PP Nomor 8 Tahun 2018,” jelas Andy di Hotel Pullman Jakarta, Rabu (07/03).

Ia menambahkan, Menteri ESDM Ignasius Jonan akan membuat Permen sebagai payung hukum turunan dari PP tersebut.

Dalam Permen itu, akan mengatur mengenai harga batu bara Domestic Market Obligation (DMO) khusus listrik dan masa berlakunya.

Ia mengatakan, dalam waktu dekat, pihaknya akan merilis Permen ESDM tersebut sebagai turunan dari PP Nomor 8 Tahun 2018. “Jika lancar Permen tersebut bisa diterbitkan besok,” jelasnya. (RG)

Tags : News
Terakhir disunting : Mar 8, 2018


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top