Perbaikan Kebijakan Dapat Tingkatkan Investasi EBT

Author : listrikinfo@gmail.com Dibuat : Nov 11, 2019

Perbaikan Kebijakan Dapat Tingkatkan Investasi EBT
Listrik Indonesia | Perbaikan kebijakan dinilai dapat pengembangan energi  baru terbarukan (EBT), terutama terkait investasi akan banyak menarik minat investor.

Surya Darma, Ketua Umum Masyarakat Energi Terbarukan (METI) menilai, bahwa apabila investor mendapatkan kepastian terkait investasi mereka di bidang energi terbarukan, target bauran energi sebesar 23 persen pada 2025 bisa terpenuhi. Pihaknya mendorong pemerintah untuk memfasilitasi pengembangan energi terbarukan melalui regulasi dan kebijakan-kebijakan yang memberikan kepastian kepada pengusaha dan investor di bidang energi terbarukan.

“Jika investasi energi terbarukan berkembang tentu dampaknya akan baik bagi lingkungan. Pemerintah harus membuat kebijakan yang mendukung pengembangan energi terbarukan,”ujarnya dalam Indo EBTKE Conex 2019 di Jakarta, pekan lalu.

Di lain pihak, FX. Sutijastoto. Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Dirjen EBTKE) Kementerian ESDM mengatakan, pengembangan EBT merupakan salah satu komponen penting dalam mewujudkan energi berkelanjutan dan menjaga  ketahanan energi nasional.  Investasi EBT harus terus ditingkatkan secara masif guna mencapai target bauran EBT 23% pada tahun 2025 sebagaimana Rencana Umum Energi Nasional (RUEN).

Toto menjelaskan  bahwa pengembangan EBT akan berjalan dengan baik apabila kebijakan energi kedepannya berlandaskan pada 3 pilar, yaitu energy equity, environmental sustainability, dan energy security.

“Kami sedang memperbaiki kebijakan harga yang nanti kita wujudkan dalam Peraturan Presiden (Perpres). Ditargetkan awal tahun depan sudah mempunyai Perpres yang menjabarkan ini semua,” kata Toto.

Untuk memenuhi target RUEN yang akan diterapkan guna mempercepat pengembangan EBT antara lain mendorong pengembangan biofuel melalui implementasi mandatori biodiesel 30% (B30), creating market, dan pengembangan kendaraan bermotor listrik.

“Konsep besarnya adalah mendorong investasi. Oleh karena itu kami sedang mengupayakan agar kebijakan yang berkaitan dengan harga dan hal terkait lainnya di perbaiki sehingga investasi untuk renewable energy bisa berkembang dengan cepat,” tandasnya. (CR)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top