Perta Arun Gas Lestarikan Budaya Aceh "Meurukon"

Author : Franki Dibuat : Mar 12, 2019

Perta Arun Gas Lestarikan Budaya Aceh
(Foto: Dok. Pertamina Arun Gas)
Listrik Indonesia |  Untuk memeriahkan peringatan HUT ke-6 Perta Arun Gas, diselenggarakan kegiatan Dalail Khairat dan Seni Meurukon, pada 1-2 Maret 2019, di Lhokseumawe, Aceh, seperti dilansir Pertamina.com.

Diselenggarakannya kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan seni dan budaya Aceh. Selain itu, seni Meurukon ini juga bertujuan mengajak seluruh penduduk Aceh untuk kembali mengingat seni dan budaya daerah dengan cara mempelajari dan mengembangkannya.

Arif Widodo, President Director Perta Arun Gas menjelaskan bahwa kegiatan seni budaya ini diselenggarakan agar tercipta ikatan silaturahmi antara pihak perusahaan dengan masyarakat menjadi lebih kuat.

Meurukon adalah salah satu tarian tradisional Aceh, di mana tariannya ‘melakukan kegiatan/kajian rukun’. Meurukon awalnya dilakukan untuk memperdalam ajaran Islam sehingga dapat dikatakan bersifat edukatif. Namun, seni budaya ini sudah dapat ditonton oleh masyarakat.Teknik penyajian adalah komunikasi dua jalur sehingga mengarah kepada berbalas pantun.

Meurukon biasanya dilakukan dalam tim yang telah terlatih dengan baik. Tim terdiri dari lima belas orang, dipimpin oleh seorang Syaikh Rukon atau Syaikhuna. (Fr)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top