Pertamina dan PLN Menanti Pelunasan Utang Dari Kemenkeu

Author : Franki Dibuat : Dec 29, 2017

Pertamina dan PLN Menanti Pelunasan Utang Dari Kemenkeu
Listrik Indonesia | Menteri ESDM Ignasius Jonan meminta Kementerian Keuangan agar segera melunasi utang subsidi pemerintah kepada Pertamina dan PLN. Permohonan ini dilakukan demi menjaga cash flow kedua BUMN tersebut.

Direktur Utama Pertamina Elia Massa Manik, mengungkapkan, total utang subsidi BBM dan elpiji  pemerintah kepada Pertamina sebesar Rp 40 triliun. Sementara, pemerintah telah membayar Rp 5,5 triilun diantaranya yang berasal dari subsidi BBM TNI dan POLRI.

“Tagihan kita dulu mencapai 40 triliun, saya berharap pemerintah dapat membayar tunggakannya diakhir tahun 2017 atau awal 2018,” harapnya.

Hal senada disampaikan oleh Direktur Utama PLN Sofyan Basir, bahwa pihaknya juga menanti pembayaran utang subsidi listrik pemerintah. Ia menjelaskan, sekitar Rp 10 triliun yang merupakan utang periode 2016-2017. Pemerintah berencana segera melunasi utangnya tersebut.

Menteri ESDM Ignasius Jonan, mengatakan, Kementerian Keuangan sudah memegang anggaran dan data berapa besar piutang kedua perusahaan BUMN tersebut. Dengan dibayarkannya piutang tersebut tentu dapat menjaga arus keuangan/cash flow perusahaan.

“Kalau sudah mengetahui besaran anggaran piutang, saya berharap dapat segera dilunasi kepada kedua perusahaan BUMN ini yaitu Pertamina dan PLN,” pungkas Jonan. (GC)



0 Komentar

Berikan komentar anda

Top