PLN: Akhir 2017, PLTB 70 MW Pertama di Indonesia dan Akan Beroperasi di Sulsel

Author : Franki Dibuat : Sep 6, 2017

PLN: Akhir 2017, PLTB 70 MW Pertama di Indonesia dan Akan Beroperasi di Sulsel
Ilustrasi.
Listrik Indonesia | Pemerintah terus menggenjot penggunaan energi baru terbarukan (EBT), salah satunya Pembangkit Listrik Tenaga Bayu/angin (PLTBayu) yang akan segera diresmikan akhir 2017 di Kabupaten Sidrap (Sidenreng Rappang), Sulawesi Selatan.
 
Menurut Direktur Pengadaan Strategis II PT PLN (Persero), Supangkat Iwan Santoso, PLTBayu yang akan segera dioperasikan di Kabupaten Sidrap, sekaligus ini merupakan PLTBayu pertama di Indonesia.
 
PLTB tersebut berkapasitas 70 Megawatt (MW) yang dibangun oleh pengembang listrik swasta (Independent Power Plant /IPP). “Ada pembangkit listrik tenaga bayu/angin, Sidrap Windpower 70 MW, dan akhir tahun 2017 akan beroperasi,” papar Iwan Supangkat di Jakarta, belum lama ini, Jakarta.
 
Ia menambahakan, jika sudah beroperasi, PLTB tersebut menjadi pembangkit EBT (angin) dengan kapasitas besar yang pertama di Indonesia. Lalu, nantinya pembangkit ini langsung beroperasi penuh memproduksi listrik 70 MW‎.
 
“PLTBayu /angin pertama di Indonesia harganya US$ 11 sen per kwh,” beber Iwan.
 
Dengan kapasitas 70 MW ini, Iwan mengungkapkan, listrik yang dialirkan dapat menerangi sekitar 70 ribu kepala keluarga (KK), dengan rata-rata daya yang terpasang 900 Volt Ampere (VA). “Kalau kapasitas 70 MW, bisa dialiri ke 70 ribu KK. Dengan penggunaan rata-rata 900 kWh‎,” tandasnya. 
(RG)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top