PLN Bakal Stop Pakai BBM, PGN Siap-siap Nge-Gas

Author : @MLI_Fr Dibuat : Jan 22, 2020

PLN Bakal Stop Pakai BBM, PGN Siap-siap Nge-Gas
Listrik Indonesia | Rencanannya PLN akan mengubah pembangkit listrik yang tadinya menggunakan BBM solar atau diesel menjadi gas. Lalu kesiapan PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk (Persero) untuk memasok ke beberapa pembangkit listrik milik PLN.

Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN, Syahrial Mukhtar menyampaikan, rencana PLN yang akan mengubah pembangkit listrik diesel menjadi tenaga gas dinilai bagus dan lebih ramah lingkungan. Juga ini mendorong percepatan untuk program konversi dari diesel ke gas.

“Rencananya, ada 51 hingga 52 pembangkit listrik yang bakal dikonversi," ujarnya.

Lanjutnya, dalam pemenuhan pasokan gas ada agregasi volume untuk 52 pembangkit. Dengan agregasi model tersebut, perusahaan akan dapat melakukan optimalisasi rantai pasok (supply chain) dengan membuat model-model cluster ring di daerah-daerah timur. Sekitar 160 MMBTU (million british thermal unit) yang nanti bisa disuplai gasnya ke titik-titik PLN.

Adapun sumber gas yang bakal disalurkan ke 52 pembangkit PLN di antaranya berasal dari gas bumi (Liquified Natural Gas/LNG) Lapangan Bontang di Kalimantan Timur, Lapangan Tangguh di Papua Barat, dan Lapangan Donggi Senoro di Sulawesi.

“Penyaluran ke Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Papua bisa lebih ditingkatkan. Kami juga sedang berdiskusi bersama PLN dan juga dengan dukungan dari pemerintah,” tutupnya. (CR)

Tags : News
Terakhir disunting : Jan 22, 2020


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top