PLN Siap Penuhi Kebutuhan Listrik Sirkuit Mandalika

Author : @MLI_Fr Dibuat : Jan 20, 2020

PLN Siap Penuhi Kebutuhan Listrik Sirkuit Mandalika
Listrik Indonesia | Sirkuit Mandalika di Lombok, NTB, yang rencananya akan digunakan sebagai arena balap motor terbesar sejagat, MotoGP 2021, segala fasilitasnya kini tengah dipersiapkan, termasuk keandalan listriknya. Bahkan Wishnutama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, bertekad menjadikan event MotoGP Lombok ini menjadi MotoGP terbaik di dunia. 

Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN tengah menambah kapasitas gardu distribusi di kawasan tersebut sebesar 60 megawatt (MW). Penambahan kapasitas listrik dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya mati listrik di kawasan tersebut. 

“Waktu itu ada laporan listrik kawasan Mandalika mati, karena itu kita akan menjaga keandalannya dengan penambahan daya,” ujarnya.

Lanjut, ia menerangkan, daya mampu listrik di kawasan Lombok sebesar 290 MW. Sementara itu, dari beban puncak di kawasan Mandalika sebesar 243-250 MW. Namun, apabila salah satu gardu distribusi sedang mengalami perbaikan atau padam, maka daya mampu akan turun menjadi 250 MW. 

“Beban puncak terjadi pada malam hari, dan waktu itu pasokannya turun 250 MW. Sedangkan beban puncaknya mencapai 243-250 MW,” terangnya.

Dalam mengantisipasi hal tersebut kembali terjadi, PLN tengah melakukan penambahan kapasitas gardu sebesar 60 MW. Sehingga total daya mampu listrik di kawasan Lombok menjadi 350 MW.

 "Ditambah lagi, ada 30 MW micro hydro power yang nanti khusus kita swap dan dialirkan ke MotoGP sehingga jadi green power," pungkasnya. (CR/Fr)

 

Tags : News
Terakhir disunting : Jan 20, 2020


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top