PLN Siapkan EV Charging Untuk Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

Author : Franki Dibuat : Jul 17, 2019

PLN Siapkan EV Charging Untuk Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik
M. Ikhsan Asaad, GM PLN Unit Induk Distribusi Jakarta. (Foto: R Akmal/Listrik Indonesia)
Listrik Indonesia - Jakarta | GM PLN Unit Induk Distribusi Jakarta M. Ikhsan Asaad mengungkapkan kesiapan PLN Dalam menyongsong era kendaraaan listrik.
Menurut Ikhsan, sejak dua tahun lalu PLN sudah mendorong penggunaan kendaraan listrik.

"Beberapa waktu lalu, PLN telah melakukan langkah berani mendorong penggunaan mobil listrik, walaupun regulasinya belum terbit dengan Blue Bird, dan Trans Jakarta," ungkap Ikhsan Asaad saat menjadi pembicara Electric Vehicle FGD "Menyongsong Era Kendaraan Listrik di Indonesia. Siapkah Kita?" di Gedung BPPT, Jakarta (17/7).

Lebih jauh Ikhsan menjelaskan, sistem UID PLN paling kuat kelistrikannya karena dipasok 7 sub sistem dan 58 Gardu Induk. PLN memastikan pengguna kendaraan listrik keandalan dukungan pihaknya, dan akan mengembangkan electric vehicle (EV) infrastruktur dengan memperbanyak EV charging.

"PLN punya 1800 fast charging. Saat ini sudah digunakan untuk charger listrik dan pedagang kaki lima melalui SPLU."

Dukungan kesiapan untuk menyambut era kendaraan listrik sudah dilakukan sejak 2010 dengan melakukan penelitian bekerja sama dengan ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya), termasuk mensponsori mobil listrik kreasi mahasiswa ITS.

Selain itu, melakukan MoU dengan Blue Bird dengan memberikan kemudahan dan membantu instalasinya. Demikian juga dengan BMW dan Trans Jakarta yang akan menggunakan bus listrik.

"Untuk merubah mindset agar mau beralih menggunakan kendaraan listrik, PLN setiap minggu di CFD bersama Trans Jakarta melakukan kegiatan untuk mengedukasi masyarakat. PLN juga memberikan diskon khusus bagi penggunaan kendaraan listrik. Ayo kita dukung bersama-sama untuk mendorong agar regulasi mobil listrik secepatnya dirilis oleh pemerintah. Semua pelaku usaha sudah sangat siap," pungkas GM PLN UID Jakarta, M.Ikhsan Asaad. (DH)

Tags : News
Terakhir disunting : Jul 17, 2019


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top