Renewable Energy ENERGY PRIMER
Trending

PLTP Unit Patuha: Optimalisasi Gas Removal System

Sejak awal dioperasikan pada 2014, PLTP Patuha mengoperasikan seluruh peralatan baik Turbin, Generator dan Balance Of Plant sesuai dengan parameter da

PLTP Unit Patuha: Optimalisasi Gas Removal System


Listrik Indonesia | Sejak awal dioperasikan pada 2014, PLTP Patuha mengoperasikan seluruh peralatan baik Turbin, Generator dan Balance Of Plant sesuai dengan parameter dan pola operasional dari manual book pabrikan.

Dalam keterangan resmi PT Geo Dipa Energi (Persero) pengelola PLTP Unit Patuha menjelaskan, Gas Removal System merupakan suatu sistem yang bertujuan untuk pembentukan Vacuum dalam Condensor di mana Unit Patuha memiliki sistem Hybrid yaitu memliki Steam Jet Ejector dan Vacuum Pump.

Pada Manual Book dari Manufacture dalam kondisi normal dengan NCG 3% semua sistem gas removal harus berfungsi. Seiring berjalannya waktu, setelah diamati ternyata ada peluang efisiensi dengan tidak melupakan SOP atau keamanan operasional unit.

Program ini bertujuan untuk melakukan optimalisasi produksi PLTP Patuha Unit 1. Adapun program yang dilakukan diantaranya adalah mengoperasikan 60% Ejector pada stage 1 dan mengoperasikan 1 Liquid Ring Vacuum Pump (LRVP) pada stage 2.

Tujuannya mengurangi energi pemakaian sendiri unit dan meningkatkan effisiensi operasional unit pembangkit. Strategi pemakaian satu LRVP ini dilakukan sejak bulan Agusutus 2018 sehingga energi pemakaian sendiri menurun dari tahun ke tahun.

Dalam melakukan efisiensi untuk Gas Removal System ini melihat seluruh parameter yang berhubungan dengan sistem tersebut karena jangan sampai dengan melakukan penghematan namun dapat berdampak pada peralatan lain. Dengan begitu sistem ini dapat menghemat energi. (CR)

 

 

 


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button