PLTS Terpusat di Desa Balang Datu Mulai Beroperasi

Author : Yusuf Dibuat : Feb 12, 2018

PLTS Terpusat di Desa Balang Datu Mulai Beroperasi

Listrik Indonesia | Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terpusat bekapasitas 100 kilo watt peak (kWp) di Desa Balang Datu, Kecamatan Mappakasunggu, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, kini aliran listriknya dapat dirasakan oleh masyarakat setempat.

Pada Jum’at (9/2) PLTS Terpusat di Desa Balang Datu sudah mulai beroperasi, PLTS tersebut mampu menerangi 422 rumah dan 8 fasilitas umum. Direktur Jenderal EBTKE, Rida Mulyana mengatakan, pembangunan PLTS di wilayah terluar merupakan salah satu program Pemerintah dalam upaya meningkatkan akses energi kepada masyarakat. Saat ini, terdapat 10 juta jiwa yang merasakan gelap gulita pada malam hari, dan Desa Balang Datu masuk kategori tersebut. Sedikitnya 2.500 Desa yang hampir serupa dengan Balang Datu.

"Masyarakat tidak boleh lagi hidup tanpa penerangan, negara hadir melalui PLN untuk menyegerakan penerangan di seluruh daerah karena ini demi keadilan,”ujar Rida. Dilain pihak, Sekretaris Daerah Kabupaten Takalar, Nirwan Nasrullah menyatakan, bahwa masyakat Desa yang sebagian berprofesi nelayan dan petani dengan mendapatkan aliran listrik dari PLTS dapat mengembangkan usahanya.

“PLTS dibangun dengan susah payah, karena materialnya diangkut lewat laut dan dibawa ke lokasi penuh dengan perjuangan. Saya ucapkan terimakasih kepada Pemerintah yang telah menerangi pelosok-pelosok daerah,”tuturnnya. Pada Tahun Anggaran 2016 dan 2017, Ditjen EBTKE, Kementerian ESDM melaksanakan pembangunan 5 unit PLTS Terpusat yang berlokasi di Desa Rewataya kapasitas 50 kWp, Dusun Lantang Peo sebesar 50 kWp, Desa Mattirobajji 30 kWp dan Dusun Labotallua, kapasitas 30kWp. Juga PLTS Terpusat di Desa Balang Datu, Kabupaten Takalar, yang telah diresmikan. Total kapasitas dari seluruh PLTS Terpusat ini sebesar 260 kWp dan melistriki lebih dari seribu rumah serta 40 fasilitas umum. (GC)




0 Komentar

Berikan komentar anda

Top