Potensi Cadangan Gas Terbesar Ada di Natuna

Author : @MLI_Franki Dibuat : Jan 11, 2020

Potensi Cadangan Gas Terbesar Ada di Natuna
Listrik Indonesia | Baru-baru ini terdengar konflik dari Wilayah Natuna, antara China dan Indonesia, di mana Natuna merupakan wilayah Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) Indonesia yang memiliki kekayaan alam melimpah seperti perikanan dan gas alam.

Indonesia sebagai produsen gas alam dunia, salah satu cadangan terbesarnya berada di perairan Natuna. Dari data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral ( ESDM), Indonesia memiliki cadangan gas bumi mencapai 144,06 triliun kaki kubik (TCF), terdiri dari cadangan terbukti (P1) sebesar 101,22 TSCF dan cadangan potensial (P2) 42,84 TSCF.

Sementara itu, cadangan gas terbesar di Indonesia berada di Natuna, tepatnya berada di Blok East Natuna 49,87 TCF. Selanjutnya disusul Blok Masela di Maluku 16,73 TCF, dan Blok Indonesia Deepwater Development (IDD) di Selat Makassar 2,66 TCF. 

Gas alam di Natuna disebut-sebut sebagai cadangan gas terbesar di Asia Pasifik. East Natuna direncanakan baru bisa memproduksi gas pada 2027, hal ini dikarenakan belum adanya teknologi yang mumpuni untuk mengeksplorasinya. 

Terlebih, kandungan gas CO2 yang mencapai 72 persen, sehingga perlu teknologi khusus yang tentunya juga berbiaya mahal. Wilayah Kerja migas yang berlokasi di Kepulauan Natuna, berjumlah 16 WK, terdiri dari 6 WK produksi, 10 WK eksplorasi di mana 3 di antaranya dalam proses terminasi karena waktu kontraknya telah habis dan belum berhasil memperoleh temuan migas.

Adapun enam WK migas yang telah berproduksi, yaitu South Natuna Sea Block B, Natuna Sea Block A, Block Kakap, Udang Block, Sembilang, dan Northwest Natuna. (CR)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top