Presiden Serahkan Sambungan Listrik Gratis Untuk Warga Miskin

Author : Franki Dibuat : Dec 3, 2018

Presiden Serahkan Sambungan Listrik Gratis Untuk Warga Miskin
Listrik Indonesia | Presiden RI Joko Widodo membagikan sertifikat sambungan listrik gratis kepada 82 rumah tangga miskin dan rentan miskin di Bogor, Jawa Barat, Minggu (2/12).

Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) mencatat saat ini terdapat 235.756 keluarga prasejahtera di Jawa Barat yang belum menikmati layanan listrik PLN secara langsung. untuk memenuhi kebutuhan listriknya warga tersebut melakukan penyambungan listrik ke instalasi tetangga sekitar yang telah memiliki sambungan listrik.

Setiap bulannya mereka mengeluarkan dana sebesar Rp 50 – 60 ribu untuk membayar listrik, selama ini banyak warga yang merasa kesulitan untuk melakukan penyambungan listrik mandiri secara resmi melalui PLN. Terlebih biaya penyambungan standar merupakan kendala utama yang mereka hadapi.

Presiden RI Joko Widodo membagikan sertifikat sambungan listrik gratis kepada 82 rumah tangga miskin dan rentan miskin di Bogor, Jawa Barat. Menurutnya, di Provinsi Jawa Barat ini ada kurang lebih 200-an ribu rumah yang belum ada listriknya, karena itu Pemerintah melakukan penyambungan listrik gratis. Pada tahap awal, penyambungan listrik gratis ini dilakukan di delapan Kabupaten/Kota dengan sasaran sebanyak 130.248 kepala keluarga (KK) yang tersebar di Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bandung, Garut, Tasikmalaya, Pangandaran, Cianjur, dan Sukabumi.

Program ini didukung oleh 34 BUMN, masyarakat mendapatkan penyambungan listrik secara gratis dengan daya 450 VA. Daya 450 VA cukup untuk kebutuhan sehar-hari seperti penerangan, menggunakan TV dan penanak nasi. Dengan adanya penyambungan listrik gratis diharapkan, kebutuhan akan listrik terpenuhi dan dapat membantu masyarakat, juga kesejahteraan meningkat. (GC)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top