Produktif Dengan Meeting

Author : Franki Dibuat : Aug 29, 2017

Produktif Dengan Meeting
Listrik Indonesia | Bagi mereka yang produktif dalam bekerja, terlalu banyak meeting sangat membuang waktu. Apalagi ketika rapat tidak mem­punyai agenda yang jelas dan pada akhirnya tidak mem­buahkan solusi.

Anda salah satu atasan yang gemar meeting dengan bawahan? Atau Anda tipe orang yang suka menggunakan komunikasi lain untuk mengetahui kinerja mereka yang bekerja di bawah komando Anda? Sepertinya memang sudah saatnya Anda merefleksi kembali apa yang terbaik untuk dilakukan di lingkungan kerja Anda.

Sebuah penelitian menyebutkan, salah satu aktivitas yang paling banyak membuang waktu adalah rapat/pertemuan (meeting). Menurut Atlassian Statistics, sebuah perusahaan developer raksasa yang berbasis di Sydney, Australia, rata-rata karyawan mengikuti rapat 62 jam setiap bulannya.

Nah, dari 62 jam setiap bulannya tersebut setengahnya adalah buang-buang waktu. Atau, sebanyak 31 jam adalah rapat yang tidak produktif.

Produktif bisa diartikan sebagai sesuatu yang dilakukan secara efektif dan efisien. Bagaimana dengan meeting? Rapat yang dilakukan sudahkah menjadi sesuatu yang produktif? Memang rapat dalam suatu perusahaan, telah menjadi aktivitas yang tak terhindarkan dari rutinitas sehari-hari dalam lingkup pekerjaan.

Rapat seperti wajib digunakan untuk menghadapi berbagai isu bisnis, mulai dari pengerjaan project, menggali solusi potensial, hingga pengambilan keputusan strategis.

Mengadakan rapat juga dianggap sebagai solusi dari suatu permasalahan bisnis, namun seringkali juga, kegiatan ini belum tentu menjadi yang paling tepat.

Saat begitu banyak meeting yang harus dihadapi, cenderung membuat kita menjadi lupa pada hal-hal mendasar yang mendukung efektivitas pertemuan ter­sebut. Sehingga tidak jarang, meeting dianggap membosankan dan membuang waktu saja.

Alasannya beragam, mulai dari urgensi agenda rapat dipandang tidak penting, hingga peserta rapat merasa keha­diran mereka kurang sesuai dengan topik bahasan, sehingga kontribusi mereka menjadi tidak maksimal. Apalagi dalam lingkungan perusahaan atau kantor pemerintahan, di mana rapat yang dilakukan mengharuskan perusahaan mengeluarkan biaya ekstra. Tentu saja pemborosan kan? (EP)

Tags : SDM


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top