Program Pendidikan PT DSSP Power, Cetak SDM Ketenagalistrikan Unggul di Kendari

Author : Franki Dibuat : Oct 17, 2018

Program Pendidikan PT DSSP Power, Cetak SDM Ketenagalistrikan Unggul di Kendari
Listrik Indonesia, Kendari | Melalui program Engineering Development Program (EDP) dan PTPL (Pendidikan Tenaga Pembangkit Listrik), PT DSSP Power Kendari membina lulusan S1/D3 dan SMK/SMA untuk menjadi engineer, operator, dan teknisi ketenagalistrikan.

Pihaknya telah meluluskan sebanyak 89 wisudawan melalui program pendidikan ini, di mana para siswa menempuh pelajaran baik materi atau pun praktik yang berkisar antara 1-2 tahun. Pelepasan wisudawan kali ini dilaksanakan di Hotel Swiss-Belhotel, Kendari, Sulawesi Tenggara, pada Rabu, 17 Oktober 2018.

Dalam sambutannya, Direktur Sumber Daya Manusia DSSA, Hermawan Tarjono menyampaikan bahwa PT DSSP Power Kendari merupakan perusahaan IPP PLTU berkapasitas 2 x 50 Megawatt (MW), yang merupakan anak perusahaan tidak langsung dari PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSSA), salah satu perusahaan yang berfokus pada bisnis energi dan infrastruktur.

Proyek IPP PLTU Kendari-3 yang berlokasi di Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, merupakan salah satu dari tiga proyek IPP PLTU milik DSSA.
 
"Peserta dari kedua program tersebut telah menjalani proses rekrutmen dan seleksi yang ketat, dengan memberikan prioritas kepada putra-putri Sulawesi. Program EDP dikembangkan oleh tim internal perusahaan dan menitikberatkan pada proses dan sistem PLTU, di mana pada akhir pelatihan, peserta melakukan kerja magang untuk memperdalam pengetahuan dan ketrampilan," terang Hermawan dalam sambutannya, (17/10).

Selain itu, lanjutnya, Program PTPL juga dikembangkan melalui kerjasama dengan Sekolah Tinggi Teknik PLN (STT PLN) Jakarta, guna mengasah keterampilan dan pematangan sikap kerja sebagai calon operator atau teknisi.

"Program PTPL ini dirancang dengan mengkombinasikan pelatihan di dalam kelas dan pelatihan di lapangan. Pada akhir pelatihan, setiap peserta EDP dan PTPL diuji untuk memperoleh sertifikasi kompetensi dari PT Sertifikasi Kompetensi Pembangkit Tenaga Listrik," jelasnya.
 
"Program ini merupakan salah satu komitmen perusahaan dalam pemberdayaan masyarakat di sekitar lokasi operasi perusahaan. Program ini tidak hanya mendidik putra-putri terbaik lulusan Perguruan Tinggi dan SMA/SMK untuk dicetak menjadi ahli ketenagalistrikan yang kompeten, andal dan tersertifikasi, tetapi juga memberikan kesempatan kerja bagi lulusan EDP dan PTPL di IPP PLTU milik DSSA," sambung Hermawan.

Ia kembali mengatakan, Program EDP dan PTPL ini tidak hanya bermanfaat untuk perusahaan, tetapi juga bermanfaat bagi masyarakat sekitar dalam meningkatkan kesejahteraan.  
 
Sementara itu, Ahmad Darsa salah satu peserta program EDP dan PTPL mengatakan, selama menjalani program pendidikan, tidak hanya kemampuan teknis yang diajarkan, tetapi juga soft skill untuk menjadi pekerja profesional, sehingga peserta merasa lebih siap untuk memasuki dunia kerja.

"Sebagai putra daerah Sulawesi, saya bangga dapat menjadi bagian dari program EDP dan PTPL dan untuk selanjutnya dapat ikut berkarya membangun daerahnya sendiri," ungkapnya.  (GFr)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top