Rasio Elektrifikasi Suluttenggo di Atas 90 Persen

Author : Franki Dibuat : Jan 9, 2018

Rasio Elektrifikasi Suluttenggo di Atas 90 Persen
Listrik Indonesia | Wilayah perkotaan di Sulawesi Tengah dan Gorontalo (Sulutenggo) diatas 90 persen. Sampai 2019 target daya mencapai 500 MW.

Tingginya rasio elektrifikasi di wilayah perkotaan Sulutenggo dikarenakan tingginya minat permintaan dan pemakaian listrik dari pelanggan bisnis disana. Kendati demikian,  untuk wilayah pelosok Sulutenggo rasio elektrifikasinya lebih rendah dibanding wilayah perkotaan.

Upaya PLN Sulutenggo dalam rangka meningkatkan elektrifikasi di seluruh  Sulutenggo mengandalkan sistem kelistrikan yang sudah berjalan seperti tersambungnya kelistrikan di Palu dengan sistem kelistrikan Sulawesi Selatan, adanya PLTU terapung kapal di Sulawesi Utara yang berkapasitas 120 MW,  serta PLTG di teluk Marissa, Gorontalo kapasitas 100 MW.

Tantangan lainnya untuk menyambung listrik baru di Sulawesi Tengah memang cukup besar,  karena daerah tersebut banyak hutan lindung dan cenderung lebih menyebar. Terlebih, pepohonan disana mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. Rencananya hingga 2019 Sulutenggo akan mencapai daya listrik sebesar 500 MW. Target tersebut ditetapkan untuk mempersiapkan cadangan sekitar 30 persen agar ketika terjadi gangguan atau pemeliharaan pembangkit, kondisi sistem kelistrikan tidak terganggu. (GC)


 

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top