Resmi, Pabrik Switchgear Pertama di Indonesia Beroperasi

Author : Franki Dibuat : Aug 20, 2018

Resmi, Pabrik Switchgear Pertama di Indonesia Beroperasi
Listrik Indonesia, Cikande | PT Crompton Prima Switchgear Indonesia (CPSI) pada Senin, 20 Agustus 2018, melakukan peresmian dan pengoperasian pabrik air-insulated switchgear yang berlokasi di Kawasan Modern Cikande, Banten.

Direktur Utama PT CPSI, Umesh Baganikar mengatakan, berdasarkan data Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) PLN 2013-2022, investasi untuk pengembangan sistem transmisi di Indonesia membutuhkan produk switchgear dengan nilai mencapai US$200 atau sekitar Rp 2,8 triliun pertahun. Tentunya hal ini merupakan potensi pasar sangat besar.

"Tantangan terbesar dalam meningkatkan angka TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) adalah pengembangan pemasok lokal untuk komponen produk dengan harga kompetitif, ketimbang pemasok dari negara-negara luar seperti India dan China," katanya dalam sambutannya peresmian pabrik baru Air-Insulated Switchgear di Cikande-Serang, Banten, Senin (20/08).

Selain itu, lanjut Umesh, pabrik ini juga membutuhkan dukungan dan kebijakan dari pemerintah, yang utamanya selama tahap pengembangan kompetensi dan skala produksi.

"Kami akan memproduksi 1.000 unit SF-6 Gas Circuit Breaker, 2.000 unit Lighting Arresters, dan 4.000 unit Instrument Transformers (CT, CVT, IVT), pada tingkat tegangan 70 kV sampai dengan 500 kV. Dan diperkirakan dalam lima tahun kedepan, dapat menyerap banyak tenaga kerja dalam negeri," jelas Umesh.


Sementara, Direktur Perencanaan PT PLN Syofvi Felienty Roekman menambahkan, kebutuhan investasi dan operasi di sektor ketenagalistrikan hingga saat ini masih sangat besar. Tentunya tantangan bagi PLN yakni untuk dapat mengelola dan mengembangkan potensi sumber daya secara optimal.

"PLN juga menjalankan amanat Presiden RI Joko Widodo untuk meningkatkan TKDN dengan mengendalikan impor barang dan memaksimalkan penggunaan komponen dalam negeri," jelas Syofvi.

"Pabrik AIS (Air-Insulated Switchgear) milik PT CPSI salah satu bukti nyata usaha PLN dalam meningkatkan penggunaan komponen dalam negeri berupa barang maupun jasa," sambungnya.

Sekadar informasi, pabrik tersebut merupakan pabrik switchgear pertama di Indonesia untuk menyuplai komponen kelistrikan dalam negeri Tegangan Tinggi (TT) dan Tegangan Ekstra Tinggi (TET). Selain itu, pabrik tersebut diperkirakan akan dapat memenuhi semua peralatan maupun komponen switchgear untuk transmisi listrik di dalam negeri dan bahkan mampu menyasar pasar ekspor hingga Asia Pasifik.

Selain itu, CPSI merupakan perusahaan joint venture antara CG International Holdings Singapore Pte Ltd (anak usaha Crompton Greaves Ltd) dan PT Prima Layanan Nasional Enjiniring (anak usaha PLN Persero). (RG)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top