Salah Sasaran, Subsidi PLN Kepada 18 juta Pelanggan Listrik 900 VA

Author : Franki Dibuat : Jun 10, 2016

Salah Sasaran, Subsidi PLN Kepada 18 juta Pelanggan Listrik 900 VA
Listrik Indonesia | PT PLN (Persero) akan mencabut subsidi pelanggan listrik rumah tangga golongan 900 volt ampere (VA) 1 Juli mendatang, pihaknya telah menyerahkan hasil verifikasi kepada Kementerian ESDM.

Terdapat 22,7 juta pelanggan listrik golongan 900 VA, dan hanya 3,94 juta yang layak mendapat subsidi. Sedangkan sebanyak 18,7 juta pelanggan listrik 900 VA yang tidak tepat sasaran dan tak akan lagi menerima subsidi.

"Perubahan dan penyesuaiannya kami targetkan 1 Juli, mudah-mudahan," ujar Direktur Utama PLN, Sofyan Basir, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (9/6).

Sebelum diterapkan tahun ini, PLN dengan pemerintah akan membahas rencana tersebut lebih dalam. PLN akan memberikan layanan naik daya gratis untuk mulai mengurangi para pelanggan salah sasaran ini.

Terkait dengan hal tersebut, Kementerian ESDM sudah menyiapkan 5 opsi baru terhadap subsidi listrik tahun ini. Pasalnya, subsidi listrik sebesar Rp 38,39 triliun yang dianggarkan dalam APBN 2016 dipastikan tidak akan cukup. Subsidi itu dibuat dengan asumsi subsidi untuk 18 juta pelanggan 900 VA dicabut di awal tahun.

Dengan begitu subsidi listrik dalam APBN-P 2016 perlu adanya penyesuaian.

Menteri ESDM Sudirman Said, sudah menyiapkan 5 opsi tambahan terkait masalah ini. Secara bertahap, opsi ini akan disusun berdasarkan waktu dimulainya pencabutan subsidi. (GF)



0 Komentar

Berikan komentar anda

Top