Sektor Migas Surplus

Author : Franki Dibuat : Sep 18, 2018

Sektor Migas Surplus
Listrik Indonesia | Sektor Minyak dan Gas (Migas) mengalami tren positif dalam perekonomian nasional. Hal ini terlihat dari proyeksi penerimaan negara yang lebih besar dari subsidi pada sektor ESDM tersebut.

Menteri ESDM, Ignasius Jonan menyatakan, penerimaan sektor migas dan minerba hingga akhir tahun nanti diperkirakan sebesar Rp240,3 triliun atau lebih besar dari target APBN 2018 yang dipatok sebesar Rp156,7 triliun. Neraca keuangan negara sektor ESDM mengalami surplus sebesar Rp91,4 triliun. Proyeksi surplus tersebut didapat dari selisih penerimaan sektor ESDM dibandingkan subsidi energi, dan jauh lebih besar dibandingkan yang terdapat dalam APBN 2018.

Sementara itu, total subsidi energi pada 2018 diproyeksikan sebesar Rp148,9 triliun. Angka ini mengalami kenaikan dari penetapan APBN 2018 yang sebesar Rp94,6 triliun. Meningkatnya harga minyak dunia, diimbangi dengan kenaikan subsidi energi agar menghindari kenaikan harga BBM.

“Subsidinya harus disesuaikan kalau enggak harga eceran BBM akan naik dan daya beli masyarakat tetap terjaga," katanya.

Kendati neraca perdangangan migas defisit, akan tetapi neraca keuangan negara sektor ESDM utamanya migas surplusnya meningkat dan penerimaan sektor ESDM meningkat jauh lebih besar dibanding subsidi energi. (GC)

 

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top