Solusi Menjaga Performa Turbin dan Gas Engine Pembangkit Listrik

Author : Franki Dibuat : Jul 4, 2018

Solusi Menjaga Performa Turbin dan Gas Engine Pembangkit Listrik
Colin Cui, GM Industrial Lubricant Mobil TM Indonesia. (Foto: R Akmal/Listrik Indonesia)
Listrik Indonesia | Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam upaya memenuhi kebutuhan tenaga listrik 10 tahun ke depan, seperti tertuang dalam Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) PT PLN (Persero) 2018-2027, rata-rata pertumbuhan kebutuhan listrik diproyeksikan mencapai 6,86% dan total rencana pembangunan pembangkit listrik sebesar 56.024 Megawatt (MW) hingga 2027 mendatang.

Untuk mendukung hal tersebut, Exxon Mobil TM Lubricant menyelenggarakan Indonesia Power Seminar 2018 sebagai wadah diskusi mengenai solusi-solusi pelumasan untuk membantu para pelaku industri sektor kelistrikan di Indonesia.

Menurut General Manager Industrial Lubricant Mobil TM Indonesia, Colin Cui, pihaknya berkomitmen untuk memajukan industri sektor kelistrikan tanah air dalam memberikan akses listrik bagi seluruh masyarakat Indoneisa pada tahun 2027, terutama di wilayah 3T (Terluar, Terdepan, Terisolasi).

Ia mengatakan penggunaan pelumasan yang tepat di yakni sangat bergantung pada performa kinerja sebuah mesin, katakanlah mesin pembangkit listrik. Jika menggunakan pelumas yang tepat kinerja mesin tersebut akan lebih lama (down time)-nya, tentunya hal ini dapat mempengaruhi kinerja sebuah perusahaan yang menjadi operator mesin tersebut.

"Oleh karna itu, para ilmuan ExxonMobil terus berupaya melakukan riset serta pengembangan produk-produk pelumas yang mampu menjawab tantangan bisnis saat ini dan di masa yang akan datang," jelas Colin dalam media briefing di Le Meridien Hotel Jakarta, (04/07).

Dalam seminar yang telah diselenggarakan oleh ExxonMobil tersebut salah satunya membahas seputar permasalahan yang dialami leleh beberapa pelaku industri ketenagalistrikan Tanah Air, khususnya dalam bidang Turbin dan Gas Engine, serta berbagai solusi pelumasan.

Indonesia Power Sector Manager, Mobil TM Lubricant Indoneisa, Deni Setiawan menambahkan, seiring dengan meningkatkan permintaan industri modern yang menuntut peralatan melebihi batas kapasitas, ExxonMobil memahami bahwa formula pelumas yang tepat dapat meningkatkan performa dan produktivitas mesin serta menghemat biaya operasional.

"Kami berkomitmen menghadirkan solusi pelumasan yang mampu membantu menjaga performa mesin, bahkan dengan kondisi ekstrem sekalipun, seperti suhu yang sangat tinggi beralih ke suhu yang rendah, kontaminasi air, hingga beban kerja yang berat dengan kecepatan yang bervariasi," katanya. (RG)

Tags : Teknologi


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top