Sri Mulyani Apresiasi Geo Dipa Bangun Lingkungan Sekitar

Author : Franki Dibuat : Dec 14, 2018

Sri Mulyani Apresiasi Geo Dipa Bangun Lingkungan Sekitar
Listrik Indonesia | Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memberikan apresiasi terhadap langkah dan upaya PT Geo Dipa Energi (Persero) atau Geo Dipa dalam peran sertanya membangun masyarakat di sekitarnya. Salah satu upaya yang dilakukan salah satu BUMN di bawah Kementerian Keuangan ini melakukan Community Development atau pemberdayaan masyarakat di di Patuha, Bandung.

Bantuan diberikan kepada masyarakat sebagai penerima manfaat, khususnya warga Desa Panundaan, salah satu desa yang lokasinya dekat dengan PLTP Unit Patuha di Ciwidey, Bandung, Jawa Barat, antara lain listrik masuk kampung yang sudah berjalan sejak tahun 2016; betonisasi jalan akses untuk 3 desa di sekitar PLTP yang sudah berlangsung sejak tahun 2015; dan Pembangunan Rumah Tahfidz.

Penyerahan bantuan ini merupakan salah satu program Community Development Geo Dipa Maju dari 4 program utama PT Geo Dipa Energi (Geodipa), yaitu GeoDipa Peduli, Geo Dipa Pintar, Geo Dipa Maju, dan Geo Dipa Hijau.

Sri ulyani mengatakan, kami mengapresiasi langkah Geo Dipa yang turut membangun masyarakat melalui kegiatan community development (pengembangan masyarakat). "Saya mengapresiasi PT Geo Dipa Energi, supaya Geo Dipa bisa beroperasi dengan baik, masyarakat perlu turut merasa memiliki dan merasakan manfaat aset negara,” ujar Menkeu, usai Penyerahan Program Community Development PT Geo Dipa Energi (Persero) Unit Patuha, Kamis (13/12/2018).

Lanjut dia, Geo Dipa merupakan salah satu Special Mission Vehicles (SMV) di bawah Kemenkeu yang memiliki misi, antara lain mendukung program pemerintah dalam penyediaan listrik tenaga panas bumi yang aman dan ramah lingkungan. “Geo Dipa berkomitmen melakukan pengembangan secara masif dalam rangka pemenuhan target 23 persen energi bauran di tahun 2025, serta berupaya untuk maju bersama masyarakat sekitar dengan memberikan penghidupan dan bekal untuk meningkatkan taraf hidup menuju yang lebih baik,” ujar Sri Mulyani

Keuntungan dari kegiatan operasional Geo Dipa, Sri Mulyani menambahkan,  merupakan dana Pemerintah yang nantinya akan disalurkan kembali ke masyarakat melalui berbagai bentuk transfer ke daerah. Untuk community development kumulatif sampai saat ini telah memberikan sebesar Rp17 miliar, baik untuk unit Patuha maupun unit Dieng. “PLTP Unit Patuha adalah aset kita semua. Jika PT Geo Dipa Energi bisa bekerja makin baik, keuntungannya akan disetorkan kepada pemerintah dan disalurkan kembali ke masyarakat dalam bentuk DAU, DBH, DAK, Dana Desa, dan Dana Kelurahan," jelas Menkeu.

Sri Mulyani mengatakan pemerintah membuat berbagai kebijakan untuk mengembangkan energi baru terbarukan, salah satunya geothermal atau panas bumi. Energi panas bumi ini termasuk energi yang memiliki prospek sangat besar, namun tingkat kesulitannya cukup banyak.

"Dulu kesulitanya adalah koordinasi dengan lingkungan karena tempat geothermalnya sendiri bisa berlapis dengan hutan yang dilindungi atau daerah pertambangan lainnya sehingga ini menimbulkan tantangan untuk bisa menatanya,” kata dia.

Untuk mengembangkan geothermal ini, lanjut Sri Mulyani,  Indonesia juga patut belajar pada negara-negara yang sudah maju pengembangan energi geothermalnya seperti di New Zealand dan Iceland. "Jadi kita sebagai negara tidak boleh segan belajar pada negara yang sudah baik geotermalnya. Banyak negara-negara yang tadinya tidak memiliki energi atau tergantung pada minyak sekarang bisa berubah. Seperti Iceland sehingga perekonomian mereka bisa kuat," tandas Sri Mulyani. (TS)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top