STT- PLN Jalin Kerjasama Dengan LHSDA-MUI

Author : Franki Dibuat : Feb 7, 2019

STT- PLN Jalin Kerjasama Dengan LHSDA-MUI
Listrik Indonesia, Jakarta | Untuk membumikan program listrik dari sampah STT PLN menjalin kerjasama dengan Lembaga Pemulian Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam (LHSDA) Majelis Ulama Indonesia (MUI), Kamis (7/2) di Kantor MUI, Jakarta Pusat.

Dalam kesempatan ini Supriadi Legino, Ketua STT PLN memaparkan program listrik sampah yang telah dilakukan dengan berbagai pihak untuk memanfaatkan smapah sebagai bahan bakar listrik.

Menurut dia, persolan listrik di Indonesia akan selesai, bila pemerintah mau mengadopsi program ini. Selain akan menjawab soal kebutuhan listrik 35.000 MW yang sedang dilaksanakan oleh PLN, sisi lain adalah akan  menciptakan kemandirian energi melalui listrik kerakyatan.

“Di Indonesia ini ada 70.000 desa, jika masing-masing desa dibangun 0,5 MW Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTsa) maka akan menghasilkan 35.000 MW. Semua dibangun dengan dana masyarakat, tanpa modal asing. Masalah sampah teratasi, semau desa terlistriki,”papar Supriadi disela-sela diskusi dengan MUI, di LT 4 STT PLN.

Sementara itu, Hayu S. Prabowo Lembaga Pemuliaan Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam (LHSDA) MUI menjelaskan apa yang dilaksanakan oleh STT PLN selaras dengan harapan MUI.

Menurut Hayu, pada 2014 MUI telah mengeluarkan Fatwa Pengelolaan Sampah untuk mencegah kerusakan lingkungan.

“Permasalahan saampah telah menjadi persolan nasional dan berdampak buruk pada kehidupan sosial, ekonomi, kesehatan dan lingkungan. Apa yang dilakukan oleh STT PLN sangat selaras dengan fatwa ini, sehingga kami akan menjalin kerjasama untuk mencegah keburukan lebih jauh terkait dengan masalah sampah ini,” jelas Hayu S. Prabowo.

Dalam diskusi ini disepakati STT PLN dan LHSDA MUI akan secara intens melalukan pertemuan untuk saling memberikan masukan untuk merealisasikan kerjasama yang lebih nyata untuk sama-sama membangun listrik kerakyatan. (DH)

Tags : SDM


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top