STT PLN Gelar Diskusi Publik Nasional Tentang EBT

Author : Franki Dibuat : May 14, 2018

STT PLN Gelar Diskusi Publik Nasional Tentang EBT
Listrik Indonesia | Sekolah Tinggi Teknik PLN (STT PLN) pada Senin, 14 Mei 2018 mengadakan diskusi publik dan seminar nasional yang bertemakan "Optimalisasi Energi Terbarukan Guna Mendukung Target Kelistrikan 35.000 Megawatt".

Di mana dalam program ketenagalistrikan 35.000 MW ini, Pemerintah menginginkan pemerataan di sektor ini (kelistrikan) terhadap seluruh masyarakat Indonesia sesuai dengan sila ke lima dalam Pancasila "Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia".

Adapun yang menjadi pembicara dalam diskusi publik dan seminar nasional STT PLN 2018 ini yakni, Eko Sumantri, Sekertaris Jenderal Serikat Pekerja (SP-PLN); Deddy Hassan, Redaktur Pelaksana Majalah Listrik Indonesia, Ir. Bambang Isti Eddy. Mm, Listrik Kerakyatan; Ricky Elson, Lentera Bumi Nusantara.

Selain itu, dalam penerapannya Pemerintah menargetkan bauran energi pembangkit listrik terbarukan mix sebesar 23% hingga 2025 mendatang. Tercatat realisasi EBT pada 2017 sebesar 12,52%, artinya masih tersisa sekitar 10,48% pembangkit EBT untuk mengejar target bauran energi nasional 23%. Pasalnya, dengan kekayaan alam yang ada di Bumi Pertiwi, Indonesia berpotensi besar dalam penggunaan realisasi EBT.

Menurut catatan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), realisasi bauran EBT yang sebesar 12,52% tersebut, didapati dari Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) sebesar 5%, Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) sebesar 7,27% dan EBT lainnya sekitar 0,25%. (RG)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top