Sulsel Dapat Tambahan 75 MW Dari PLTB Sidrap

Author : Yusuf Dibuat : Sep 15, 2017

Sulsel Dapat Tambahan 75 MW Dari PLTB Sidrap
Listrik Indonesia | PT PLN (Persero) menyatakan, pihaknya telah menargetkan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap yang berlokasi di Kecamatan Watang Pulu Kabupaten Sindereng Rappang (Sidrap) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) selesai akhir 2017.
 
Hal tersebut dilakukan guna memperkuat sistem ketenagalistrikan yang ada di wilayah Sulsel. 
Direktur Bisnis PLN Regional Sulawesi Syamsul Huda mengungkapkan, PLTB Sidrap memiliki kapasitas 75 Megawatt (MW) yang diprediksi mampu melistriki sekitar 70 ribu pelanggan dengan daya listrik rata-rata sekitar 900 Volt Ampere (VA).
 
"Kini ketersediaan listrik di Sulawesi Selatan sudah melimpah dengan hadirnya PLTB Sidrap, maka dari itu jangan ragu berinvestasi di Sulsel, karena PLN siap menyediakan pasokan listrik yang handal," ungkap Syamsul dalam keterangan tertulisnya kemarin di Jakarta,  seperti yang diberitakan, Jumat, (15/09). Syamsul menambahkan, PLTB Sidrap sendiri merupakan pembangkit tenaga angin pertama dan terbesar di Indonesia, yang memanfaatkan lahan sekitar 100 hektare (Ha). Nantinya, listrik yang dihasilkan akan dijual dengan harga US$ 10,11 per kWh.
 
Ia berkeyakinan, dengan adanya PLTB Sidrap, akan memperkuat sistem kelistrikan di Sulsel, sehingga cadangan daya sistem Sulsel menjadi 500 MW di 2018 esok. Hal ini juga dapat menarik minat investor untuk berinvestasi di Sulsel. "Hadirnya PLTB Sidrap kini ketersediaan listrik di Sulawesi Selatan sudah melimpah, maka dari itu jangan ragu berinvestasi di Sulsel," paparnya.
 
Bersama dengan Syamsul, Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan rasa banggaannya atas proyek PLTB tersebut, karena 70% proyek tersebut merupakan karya anak bangsa. "Diharapkan dengan adanya pembangunan PLTB ini dapat meningkatkan perekonomian di Sulsel, kedepannya perkembangan akan bergeser ke Indonesia Timur dari segala sektor dan kebutuhan utama mereka adalah listrik dan air. Mari kita bangun peradaban baru di Indonesia Timur," ungkap Syahrul Yasin.
 
Dirinya menambahkan, saat ini kondisi sistem kelistrikan PLN wilayah Sulselrabar (Sulawesi Selatan, Utara dan Barat) sangat berlimpah dengan daya mampu sekitar 1.250 MW dan beban puncak mencapai 1.050 MW. “Dengan begitu, PLN masih memiliki cadangan daya sekitar 200 MW yang dapat memasok ke pelanggan,” tandasnya. 
(RG)



0 Komentar

Berikan komentar anda

Top