Sumatera – Bangka Bakal Terhubung Kabel Laut

Listrik Indonesia | Upaya menambahkan pasokan daya listrik di Bangka, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) mulai membangun kabel bawah laut untuk menyambungkan kelistrikan Sumatera dengan Bangka.
 

Kabel berkapasitas 2 x 200 MW itu kini sedang dalam proses finalisasi perizinan dan pembebasan lahan. General Manager PLN Unit Induk Wilayah Bangka Belitung, Abdul Mukhlis menyatakan, Kabel yang akan terbentang sepanjang 35,5 kilometer sirkit (kms) itu ditargetkan operasi pada pertengahan 2021 mendatang.
 

“Dengan kabel bawah laut ini pasokan listrik di Bangka bertambah dan menjadi lebih andal,” ucapnya.
 

Saat ini pasokan daya listrik di Pulau Bangka mencapai 186,3 MW dengan beban puncak sebesar 156,6 MW. Jika kabel laut ini selesai terpasang, maka Pulau Bangka akan mendapatkan tambahan suplai listrik hingga 400 MW.
 

Di Pulau Bangka masih didominasi oleh pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) sehingga biaya pokok produksinya (BPP) masih sekitar Rp2.600 per kwh. Namun, dengan kabel laut ini BPP bisa dihemat menjadi sekitar Rp1.300 per kwh.
 

“Kehadiran kabel laut ini juga akan membuat biaya produksi listrik semakin efisien karena listrik dari pembangkit-pembangkit berbiaya murah yang ada di Sumatera dapat disalurkan ke Pulau Bangka,”pungkasnya. (CR)

 

 

 

 


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button