Supriadi Legino: Majukan Listrik Kerakyatan

Author : Franki Dibuat : Mar 13, 2018

Supriadi Legino: Majukan Listrik Kerakyatan
Listrik Indonesia | Berangkat dari problema kelistrikan dalam negeri, listrik kerakyatan harus segera diterapkan oleh Pemerintah.

Menurut Ketua STT PLN, Supriadi Legino, adanya listrik kerakyatan mencerminkan kemandirian rakyat, selama ini tarif listrik hampir setiap tahunnya mengalami kenaikan, juga pembangunan pembangkit listrik skala besar terkadang juga terlamabat. Sementara, kebutuhan listrik meningkat seiring target rasio eletktrifikasi juga ditambah.

Sebuah gagasan muncul dari kalangan akademisi, listrik kerakyatan dinilai mampu menjawab problema tersebut. Pemerintah dalam usahanya memenuhi target rasio elektifikasi membuat program seperti 10.000 MW dan yang saat ini 35.000 MW. Tentu hal ini menguras banyak biaya yang tidak sedikit, hingga membuka jalur investasi bagi asing untuk mempercepat pembangunan.

Supriadi menerangkan, yang dimaksud listrik kerakyatan ialah membangun pembangkit skala kecil dengan jumlah banyak yang ditempatkan disekitar beban, jadi tak memerlukan menarik jalur transmisi yang panjang.

“Listrik kerakyatan bukan sebuah penemuan baru di bidang teknologi, tapi sebuah gagasan yang berasal problem kelistrikan dalam negeri, membangun listrik kerakyatan lebih efisien dibanding harus membangun pembangkit skala besar,”ucapnya.

Listrik kerakyatan juga harus diiringi dengan teknologi dan juga menerapkan renewable energy, dirinya berharap listrik kerakyatan dapat lebih diterapkan hingga nantinya tidak ada lagi problem kelistrikan di Indonesia. (GC)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top