Tagihan Listrik di Rumah Bengkak, Ikuti Langkah Ini

Author : Franki Dibuat : Oct 8, 2016

Tagihan Listrik di Rumah Bengkak, Ikuti Langkah Ini
Listrik Indonesia | Udara di zaman seperti sekarang tidak dapat diprediksi, ketika saatnya musim panas malah turun hujan, begitu pun sebaliknya, di waktu musim hujan tiba bisa saja terik matahari sepanjang hari.

Saat udara di luar sangat panas, kemudian anda dihadapkan dua pilihan, menyalakan air conditioner (AC) namnun tagihan listrik membengkak, atau bertahan di dalam rumah dengan udara yang panas.

Sekarang coba ikuti langkah seperti ini, berikut beberapa langkah untuk menghemat listrik di rumah tanpa perlu mematikan AC:

1. Nyalakan AC, naikkan suhu derajatnya. Jika biasanya Anda suka tidur di malam hari dengan suhu 16-18 derajat, coba naikkan sampai 24 derajat, sebab faktanya ini dapat menyimpan 3 sampai 4 persen energi.

2. Bersihkan filter AC. Flter AC menjadi peran yang sangat penting, filter yang kotor pasalnya, bisa membuat pergerakan mesin tidak bekerja secara fungsional menjadi lambat dan tidak terlalu dingin meski suhu sudah mencapai 16 derajat, dan membuat daya guna listrik menjadi lebih besar.

3. Tutup setiap celah di pintu dan jendela. Tutuplah celah kecil seperti ventilasi dengan menggunakan bahan atau alat untuk mencegah suhu keluar masuk. Dengan menutup celah, bisa menghemat listrik di rumah. Cobalah, Anda akan terkejut berapa banyak biaya yang harus Anda keluarkan hanya untuk mendinginkan sebuah ruangan, karena semua celah kecil di setiap pintu dan jendela. Anda tidak perlu memanggil tenaga ahli, cukup kerjakan sendiri untuk menutup semua celah di pintu dan jendela Anda, masalah terpecahkan.

4. Alat pemanas listrik. Beberapa alat elektronik pemanas, seperti setrika, microwave oven, teko pemasak air, kompor listrik, dan sebagainya biasanya memakan memakan energi listrik yang cukup besar. Usahakan seminimal mungkin menggunakan peralatan-peralatan tersebut, atau gunakan seperlunya saja.

5. Berhenti menaruh makanan panas di dalam kulkas. Pernahkah Anda menaruh makanan dengan suhu panas ke dalam kulkas. Jika ya, maka berhentilah mulai sekarang. Karena, kondisi ini akan membuat kulkas anda menjadi cepat rusak dan tagihan Anda meningkat. (GF/Fr)



0 Komentar

Berikan komentar anda

Top